Kompas TV nasional rumah pemilu

Muncul Anies Baswedan dan UAS sebagai Capres Relawan Jokowi, Budi Arie: Aspirasi Rakyat

Kompas.tv - 27 Oktober 2022, 14:25 WIB
muncul-anies-baswedan-dan-uas-sebagai-capres-relawan-jokowi-budi-arie-aspirasi-rakyat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan pernyataan terkait gelaran Formula E bersama Ketua DPR Puan Maharani dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Sabtu (4/6/2022) (Sumber: Screenshot KOMPAS TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penanggung Jawab Musyawarah Rakyat Indonesia (Musra) Relawan Jokowi, Budi Arie, menjawab soal munculnya nama mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan pendakwah Abdul Somad atau dikenal dengan nama Ustaz Abdul Somad (UAS) sebagai capres di Pilpres 2024 versi Musra ke-3 Relawan Jokowi. 

Dua nama itu muncul bersama dengan 12 kandidat nama lain yang terjaring berdasarkan hasil Musyawarah (Musra) Relawan Jokowi yang dirilis pada Rabu (26/29).

Menurut Budi, semua nama yang terjaring dalam Musra adalah aspirasi dari rakyat. Termasuk munculnya nama Anies dan Abdul Somad yang jadi sorotan publik. 


 

Budi juga menjelaskan, bahwa hasil Musyawarah Rakyat (Musra) 3 Relawan Jokowi yang diadakan di Riau pada Minggu (23/10/2022) itu merupakan pilihan warga setempat. 

"Semua nama masuk. Aspirasi dari rakyat. Relawan hanya penyelenggara," ujarnya saat dihubungi KOMPAS.TV Kamis (27/10/2022).

Selain itu, ia juga menjelaskan, bahwa Musra adalah forum Relawan Jokowi untuk menangkap aspirasi yang ada dalam masyarakat. 

"Musyawarah Rakyat Indonesia adalah forum yang diselenggarakan oleh Relawan Jokowi. Sedangkan yang memilih adalah warga daerah setempat di mana MUSRA diadakan," kata pria yang merupakan ketua Projo tersebut. 

Sebagai informasi, nama Anies Baswedan terjaring sebagai capres dan menempati posisi ke-7 dengan presentase sebesar 3,71%. Sedangkan UAS di nomor 12 dengan 0,85%. 

12 nama hasil Musra ke-3 Relawan Jokowi, ada Anies Baswedan dan UAS (Sumber: Dokumen Musra Ke-3 Relawan Jokowi)

Budi lantas menjelaskan, soal nama-nama tersebut, khususnya Sandiaga Uno yang menempati posisi pertama sebagai capres harapan rakyat di Musra Relawan Jokowi dengan 23,8 persen.

Sandiaga menjadi nama dengan perolhen tertinggi di antara nama-nama lain seperti Ganjar Pranowo hingga Prabowo. 

"Kita terus terang tak mendugannya. Tapi harus kita katakan apa adanya. Musra ini mekanisme menyerap, merekam, semua aspirasi rakyat," tuturnya. 

Baca Juga: Ganjar Capres 3 Besar Musra Relawan Jokowi, Andi Gani: Disanksi, Ditekan, Makin Naik Popularitas

Sebelumnya seperti diberitakan,  hasil Musyawarah Rakyat (Musra) 3 Relawan Jokowi yang diadakan di Riau pada Minggu (23/10/2022), telah menjaring 12 nama capres harapan Rakyat.

Ketua Dewan Pengarah Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Jokowi, Andi Gani Nena Wea, menjelaskan, forum itu dilakukan oleh relawan Jokowi.

Ganjar yang selama ini dinilai dekat dengan Jokowi muncul di tiga besar capres pilihan, bersaing dengan Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto.

Andi mengatakan, sanksi dari PDI Perjuangan terhadap Ganjar Pranowo tidak mempengaruhi keinginan rakyat yang memilihnya sebagai kandidat calon presiden (capres).

"Walaupun Pak Ganjar disanksi, misalnya, kan tak bisa membendungi keinginan rakyat untuk tidak mendukung beliau,” ujar Andi dalam pemaparan hasil Musra 3 di kawasan Sudirman pada Rabu (26/10/2022)

Baca Juga: 3 Faktor Ini Dinilai Jadikan Ganjar Capres Terkuat, Termasuk soal Jawa adalah Kunci



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x