Kompas TV nasional hukum

Jaksa Minta Hakim Tolak Eksepsi Ricky Rizal, Sebut Dakwaan Telah Penuhi Unsur Formil dan Materil

Kompas.tv - 20 Oktober 2022, 18:11 WIB
jaksa-minta-hakim-tolak-eksepsi-ricky-rizal-sebut-dakwaan-telah-penuhi-unsur-formil-dan-materil
Jaksa minta majelis hakim tolak eksepsi atau nota keberatan terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadi J, Ricky Rizal Wibowo, Kamis (20/10/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan tanggapan atas eksepsi atau nota keberatan terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ricky Rizal Wibowo.

JPU meminta majelis hakim untuk menolak eksepsi Ricky Rizal dan menerima surat dakwaan karena telah memenuhi unsur formil dan materil.

“Kepada Majelis Hakim yang mengadili perkara ini, dengan menyatakan, menolak seluruh dalil eksepsi atau nota keberatan penasehat hukum terdakwa Ricky Rizal Wibowo,” kata JPU di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (20/10/2022).


Baca Juga: Dibongkar Ricky Rizal: Skenario Pembunuhan Yosua Hanya Diketahui Ferdy Sambo, Putri, dan Richard

“Menerima surat dakwaan penuntut umum nomor register perkara PDM-245/Jktsl/10/2022 tanggal 5 Oktober 2022 karena telah memenuhi unsur formil dan materil,” sambungnya.

Selain itu, JPU juga meminta kepada majelis hakim agar pemeriksaan terhadap Ricky Rizal tetap dilanjutkan. Untuk itu, Ricky Rizal harus tetap berada di dalam tahanan.

“Menyatakan pemeriksaan terdakwa Ricky Rizal Wibowo tetap dilanjutkan berdasarkan surat dakwaan nomor register perkara PDM-245/Jktsl/10/2022 tanggal 5 Oktober 2022,” ucap JPU.

“Menyatakan terdakwa Ricky Rizal Wibowo tetap berada dalam tahanan.”

Menanggapi hal itu, hakim telah menjadwalkan persidangan selanjutnya dengan agenda pembacaan putusan sela pada Rabu (26/10/2022) pekan depan pukul 10.00 WIB.

“Kami akan menjadwalkan putusan sela besok Rabu, 26 Oktober 2022 jam 10.00,” kata hakim.

Baca Juga: Dalam Eksepsi, Ricky Rizal Tidak Bantah Ferdy Sambo Perintah Tembak Yosua dan Minta Lindungi

Sebelumnya, penasehat hukum Ricky Rizal Wibowo menyampaikan eksepsinya. Menurut tim hukum Ricky Rizal, pasal yang didakwakan tidak sesuai dengan uraian peristiwa.

Tim penasehat hukum Ricky Rizal juga menilai bahwa dakwaan jaksa hanya copy-paste dengan terdakwa lain.

Sebagai informasi, Ricky Rizal didakwa dengan Pasal Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP karena membantu Ferdy Sambo dalam pembunuhan berencana Brigadir J.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.