Kompas TV nasional update

Jokowi Enggan Komentari Pernyataan Shin Tae-yong yang Sebut akan Mundur dari Timnas Indonesia

Kompas.tv - 13 Oktober 2022, 19:05 WIB
jokowi-enggan-komentari-pernyataan-shin-tae-yong-yang-sebut-akan-mundur-dari-timnas-indonesia
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berfoto bersama Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir. (Sumber: Instagram @erickthohir)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan mengomentari pernyataan Shin Tae-yong yang bakal mundur dari Timnas Indonesia apabila Mochamad Iriawan mengundurkan diri sebagai Ketua Umum PSSI. 

Jokowi mengatakan, saat ini dirinya masih menunggu laporan dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan sebelum menyampaikan pandangannya. 

"Laporan dari TGIPF-nya belum. Jadi belum sampai ke mana-mana, jangan sampai ke mana-mana dulu, laporannya belum," tutur Jokowi dikutip dari Kompas.com, Kamis (13/10/2022). 

Rencananya, Jokowi bakal menyampaikan laporan dari TGIPF terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 132 korban jiwa itu pada Jumat (14/10) besok. 

"Akan dilaporkan oleh Tim Gabungan Independen Pencari Fakta besok pagi pada saya, baru besok pagi, jadi saya baru bisa menyampaikan besok siang," ucap Jokowi. 

Pada Rabu (12/10) kemarin, Shin Tae-yong membuat pernyataan mengejutkan dengan mengatakan akan mengundurkan diri jika Mochamad Iriawan mundur sebagai Ketua Umum PSSI.

Baca Juga: Jokowi Sampaikan Laporan TGIPF Tragedi Kanjuruhan Besok Siang

Hal tersebut diungkapkan STY melalui sebuah unggahan di akun Instagram-nya yang kemudian dibanjiri komentar reaksi dari ribuan netizen. 

"Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri," tulis Shin Tae-yong. 

"Karena saya pikir jika terdapat kesalahan dari rekan kerja yang bekerja bersama sebagai 1 tim, maka saya pun juga memiliki kesalahan yang sama. Kita adalah 1 tim," imbuh pelatih asal Korea Selatan itu.

Pendapat dari Shin Tae-yong itu kemudian juga didukung oleh pernyataan salah seorang penggawa Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar. 

Menurut Asnawi, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu masih orang yang terbaik untuk PSSI. 

"This true, kurang lebih 10 tahun bersama Timnas Indonesia, beberapa kali merasakan pergantian Ketum PSSI, dan jika mau menilai, sampai dengan saat ini memang Iwan Bule masih yang terbaik," kata pemain Ansan Greeners itu melalui Instagram Story akunnya, @asnawi_bhr. 


 

Baca Juga: Shin Tae-yong Bakal Mundur Jika Ketua Umum PSSI Mengundurkan Diri: Kita Adalah 1 Tim

Baca Juga: Soal Desakan Mundur Mochamad Iriawan, Asnawi: Pak Iwan Bule Masih yang Terbaik untuk PSSI



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x