Kompas TV nasional sosial

Terpeka Jadi Tol Terpanjang di Indonesia saat Ini, akan Disalip Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap?

Kompas.tv - 9 Oktober 2022, 16:34 WIB
terpeka-jadi-tol-terpanjang-di-indonesia-saat-ini-akan-disalip-tol-gedebage-tasikmalaya-cilacap
Ilustrasi. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung atau Terpeka, sejauh ini jadi jalan tol terpanjang yang telah beroperasi di Indonesia. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit membeberkan Indonesia memiliki jalan tol terpanjang yang beroperasi dengan panjang mencapai 189,2 km.

“Untuk jalan tol yang telah beroperasi, jalan tol Terbanggi Besar-Kayu Agung sejauh ini jadi jalan tol terpanjang yang telah beroperasi di Indonesia,” tutur Danang, beberapa waktu lalu, dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Uni Emirat Arab Rayakan Maulid Nabi, Biaya Parkir dan Jalan Tol Gratis, Ada Pertunjukan Lokal

Jalan yang kerap disebut sebagai Tol Terpeka ini merupakan singkatan dari Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Panjang jalan tol ini mencapai 180-an kilometer dari Lampung, kemudian melintasi Pematang Panggang, hingga ke Kayu Agung, Kabupaten Ogen Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Tol ini dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero) dan sudah beroperasi sejak November 2019 silam.

Baca Juga: Hujan Lebat, Sejumlah Jalan Tol di Jakarta Tergenang Banjir

Seperti dikutip dari Kompas.com, pembangunan jalan tol ini mendapatkan rekor MURI karena terbilang cepat selesai. Memakan waktu kurang dari 2,5 tahun, Tol Terpeka meningkatkan jalur antara Lampung dan Sumatera Selatan.

Ke depannya, akan ada tol yang panjangnya melebihi Tol Terpeka. Danang menjelaskan, perkembangan pembangunan jalan tol di Pulau Jawa ini sudah memasuki tahap penandatanganan kontrak.

“Ini terdapat di jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 206,65 km yang melintas di dua provinsi yaitu Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah,” kata Danang.

Pembangunan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap ditargetkan selesai pada 2029.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x