Kompas TV nasional peristiwa

Anies Baswedan: Sumur Resapan Penting untuk Atasi Banjir di Wilayah Cekung

Kompas.tv - 5 Oktober 2022, 13:56 WIB
anies-baswedan-sumur-resapan-penting-untuk-atasi-banjir-di-wilayah-cekung
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut sumur resapan merupakan upaya mencegah banjir di daerah cekung. (Sumber: Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)
Penulis : Dian Nita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sumur resapan penting untuk menanggulangi banjir di lokasi cekung.

Anies menyebut, hal itu terbukti dari genangan air yang tinggi di lokasi cekung bisa cepat surut karena ada sumur resapan.

Ia mengimbau agar permasalahan terkait banjir dipandang secara scientific atau secara ilmiah.

"Kami berharap kedewasaan kita semua untuk melihat ini sebagai sebuah masalah yang diselesaikan secara scientific. Bukan semata-mata secara politik," ujar Anies di Jakarta Recycle Center (JRC) Pesanggrahan, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga: Banjir di Tol BSD Serpong, YLKI: Harusnya Tarif Gratis dan Diberikan Ganti Rugi

Adapun pada peristiwa banjir yang terjadi Selasa (4/10/2022) malam, Anies sempat mendatangi kawasan Kuningan, Jakarta Selatan untuk turut membantu warga.

Ia mengirimkan sejumlah alat, seperti truk pemadam kebakaran sampai mobil pompa untuk mengamankan warga yang terdampak banjir.

Anies menuturkan saat ini banjir yang menggenang di rumah warga sudah berkurang dengan bantuan tim dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga: Ketinggian Air Capai 3 Meter, Puluhan Rumah Warga di Jakarta Selatan Terendam Banjir Akibat Hujan!

Sebagai informasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta pada pukul 16:00 WIB kemarin, terdapat 7 ruas jalandan 16 RT atau tergenang air dengan ketinggian >40cm.

Hal ini merupakan imbas dari hujan yang mengguyur Jakarta pada siang hari dan menyebabkan beberapa sungai seperti Kali Krukut dan Mampang meluap.

 

 



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x