Kompas TV nasional politik

Diusulkan Jadi Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan, Heru Budi Hartono: Masih Panjang Prosesnya

Kompas.tv - 14 September 2022, 12:13 WIB
diusulkan-jadi-pj-gubernur-dki-pengganti-anies-baswedan-heru-budi-hartono-masih-panjang-prosesnya
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono merespons soal namanya yang masuk dalam usulan DPRD DKI Jakarta sebagai Penjabat (Pj) Gubernur menggantikan Anies Baswedan. (Sumber: Tribunnews.com/Taufik)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono merespons soal namanya yang masuk dalam usulan DPRD DKI Jakarta sebagai Penjabat (Pj) Gubernur menggantikan Anies Baswedan.

Terkait hal ini, Heru hanya menyebut bahwa proses sebelum penetapan PJ Gubernur DKI masih panjang.

"Masih panjang prosesnya,” kata Heru dikutip dari Tribunnews, Rabu (14/9/2022). 

Meski demikian, Heru tidak menanggapi lebih jauh soal kemungkinan dirinya menjadi Pj Gubernur DKI.

Dia kembali mengatakan bahwa masih ada proses lanjutan atau yang harus dilalui terkait penentuan Pj Gubernur DKI.

Heru pun menyebut proses tersebut masih panjang, mengingat usulan nama PJ Gubernur DKI saat ini baru akan diproses di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebelum kemudian ditentukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Masih jauh kan masih diproses di Kemendagri,” ujarnya. 

Diberitakan sebelumnya, DPRD DKI Jakarta telah menetapkan tiga nama Pj gubernur DKI Jakarta pada Selasa (13/9) kemarin. Keputusan itu diambil dalam rapat pimpinan gabungan atau Rapimgab.

Baca Juga: Pesan Anies untuk Pj Gubernur DKI Jakarta: Tidak Ada Program Pribadi

Selain Heru, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar juga masuk dalam usulan sebagai calon PJ Gubernur DKI Jakarta.


 

"Pertama, Heru Budi, kedua Marullah, ketiga Bahtiar," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi di DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9).

Adapun hasil final tiga nama yang akan dikirimkan DPRD ke Kementerian Dalam Negeri adalah Heru Budi Hartono (9 suara), Marullah Matali (9 suara), dan Bahtiar (6 suara).

Sementara itu, Prasetyo mengungkapkan tiga nama tersebut akan dikirimkan ke Kemendagri pada hari ini. 

"Besok (hari ini) akan dikirimkan ke Kemendagri," ujarnya.

Prasetyo mengatakan dokumen yang akan diserahkan telah ditandatangani oleh sembilan pimpinan Fraksi di DPRD DKI Jakarta.

Politikus PDIP itu meyakini ketiga nama yang disepakati telah sesuai dengan kriteria Pj Gubernur dan berpengalaman menjadi pemimpin daerah.

"Saya rasa (mereka) mumpuni. Tinggal kita serahkan ke Pak Mendagri dan Pak Presiden. Karena ini usulan yang baik, masyarakat meminta kepada kita bahwasanya mana dari masyarakat? Kebetulan kita wakil rakyat di sini ada mewakili masyarakat ada 3 nama, selesai," ujarnya.

Baca Juga: DRPD DKI Setor 3 Nama Calon Pj Gubernur Pengganti Anies Baswedan ke Kemendagri Hari Ini




Sumber : Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x