Kompas TV nasional sosial

Dishub DKI Tambah 4 Kapal di Dermaga Kali Adem untuk Angkut Wisatawan ke Kepulauan Seribu

Kompas.tv - 9 September 2022, 06:14 WIB
dishub-dki-tambah-4-kapal-di-dermaga-kali-adem-untuk-angkut-wisatawan-ke-kepulauan-seribu
 Kapal penyeberangan sebagai alat transportasi laut menuju Kepulauan Seribu yang bersandar di Dermaga Kali Adem, Penjaringan, Jakarta Utara (Sumber: Kompas.com/Jimmy Ramadhan Azhari)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Dinas Perhubungan DKI Jakarta resmi mengoperasikan empat kapal baru di Dermaga Kali Adem, Jakarta Utara. Kapal itu digunakan untuk mengangkut wisatawan yang akan melancong ke Kepulauan Seribu. 

Pengawas Pelayanan Pelabuhan Muara Angke Dishub DKI Jakarta Andy Susanto mengatakan, setiap kapal itu dapat menampung penumpang maksimal sebanyak 50 orang.  

Baca Juga: Bicara Pembangunan di Kepulauan Seribu, Anies Sebut Prinsip Republik Didirikan, Keadilan Sosial

“Sudah dioperasikan sejak 3 September 2022, untuk melayani kebutuhan transportasi warga maupun wisatawan dari Dermaga Kali Adem ke Kepulauan Seribu maupun sebaliknya,” kata Andy seperti dikutip dari beritajakarta.id, Kamis (8/9/2022).

Andy menjelaskan, layanan dari Unit Pengelola Angkutan Perairan Dishub DKI Jakarta di Pelabuhan Muara Angke Dermaga Kali Adem, terdiri dari pelayanan kapal reguler dan kapal ekspres. 

Saat ini total terdapat 10 kapal untuk melayani perjalanan ke Kepulauan Seribu.

“Setiap hari enam unit kapal yang berlayar menyesuaikan kebutuhan angkutan perairan,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk tarif kapal baru tersebut berlaku sesuai Pergub No 61 Tahun 2020 yakni untuk zona 1 sebesar Rp 23 ribu, zona 2 Rp 28 ribu, dan zona 3 Rp 38 ribu, sudah termasuk biaya peron dan Jasa Raharja.

Ia menambahkan, keempat kapal itu melayani jalur satu dengan rute Dermaga Kali Adem - Pulau Tidung, maupun sebaliknya.

Kemudian, jalur dua dengan rute Dermaga Kali Adem - Pulau Pramuka, dan sebaliknya. Lalu, pada jalur tiga dengan rute Dermaga Kali Adem - Pulau Kelapa, maupun sebaliknya.

Baca Juga: Penampakan Helipad Siluman di Kepulauan Seribu Diungkap Ketua DPRD

“Kehadiran empat unit kapal baru yang sudah beroperasi dapat membantu masyarakat dalam melakukan perjalanan laut yang lebih aman dan nyaman," katanya.
 



Sumber : Beritajakarta.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x