Kompas TV nasional politik

Jokowi Lantik 5 Anggota DKKP Periode 2022-2027

Kompas.tv - 7 September 2022, 14:38 WIB
jokowi-lantik-5-anggota-dkkp-periode-2022-2027
Presiden Jokowi melantik 5 anggota DKPP Periode 2022-2027, Rabu (7/9/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Akun Youtube Kompas Tv)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik lima Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) periode 2022-2027, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 82/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Unsur Tokoh Masyarakat Masa Tugas Tahun 2022-2027.

Lima orang yang dilantik Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Unsur Tokoh Masyarakat yakni:

1. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi

2. Ratna Dewi Pettalolo

3. Muhammad Tio Aliansyah

4. Heddy Lugito

5. J Kristiadi

Prosesi pelantikan Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) periode 2022-2027 dimulai dengan mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia.

Baca Juga: Sah! Jokowi Lantik Abdullah Azwar Anas Jadi Menpan-RB Gantikan Tjahjo Kumolo

Agenda selanjutnya yakni pengambilan sumpah jabatan yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh pejabat yang dilantik tersebut.

"Bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu unsur tokoh masyarakat dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan perundang-undangan dengan berpedoman kepada Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945," demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

"Bahwa saya, dalam menjalankan tugas dan wewenang, akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil, dan cermat demi suksesnya pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Tegaknya demokrasi dan keadilan serta mengutamakan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia daripada kepentingan pribadi atau golongan," imbuh mereka.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kumandang lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Adapun pelantikan  Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Unsur Tokoh Masyarakat bersamaan dengan pelantikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas.

Pada pelantikan tersebut dihadiri sejumlah pejabat terkait, yakni Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari, dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja.

Selain itu, hadir Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca Juga: Sosok Azwar Anas, Bupati Banyuwangi Dua Periode yang Bakal Dilantik Jokowi Jadi Menteri PAN-RB



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x