Kompas TV nasional peristiwa

Kunker Asia Timur, Jokowi Telah Tiba di Jepang Usai dari Tiongkok

Kompas.tv - 27 Juli 2022, 06:43 WIB
kunker-asia-timur-jokowi-telah-tiba-di-jepang-usai-dari-tiongkok
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi tiba di Bandar Udara Haneda, Tokyo, Jepang pada Rabu (27/7/2022) dini hari. (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

TOKYO, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo telah tiba di Bandara Haneda, Tokyo, Jepang, Rabu (27/7/2022) dini hari  dalam rangka lawatannya ke Asia Timur untuk memperkuat hubungan dengan Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan.

Jokowi dan Iriana telah tiba setelah menempuh perjalanan selama tiga jam dari Beijing, China. Menggunakan pesawat Garuda Indonesia (GIA-1), Jokowi beserta rombngan mendarat pukul 00.30 waktu setempat.

Kepala Negara beserta rombongan akan melanjutkan kunjungan kerja (kunker) pada pagi hari usai menginap di hotel di Tokyo.

Baca Juga: Perkuat Kerja Sama Ekonomi, Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan dengan Presiden Xi Jinping di Beijing

Tampak Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Selanjutnya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Diberitakan sebelumya Jokowi melakukan kunjungan luar negeri ke tiga negara di Asia Timur yang merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi.

Menlu Retno Marsudi mengungkapkam kunjungan Jokowi ke negara tetangga dalam rangka konteks G20.

"Ketiga negara tersebut juga merupakan mitra penting ASEAN dan mitra penting dalam konteks G20," jelasnya dalam keterangan tertulis di Sekretariat Presiden, Senin (25/7).

Baca Juga: Bertemu PM Tiongkok, Jokowi Singgung Nilai Perdagangan Indonesia -Tiongkok Terus Meningkat

Retno juga menjelaskan bahwa Presiden Jokowi akan bertemu dengan pemimpin dari ketiga negara tersebut untuk membahas sejumlah isu mulai dari isu global hingga kerja sama di sejumlah bidang.

"Berbagai isu dari kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia akan dibahas dengan para pemimpin ketiga negara tersebut," lanjutnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x