Kompas TV nasional peristiwa

Komnas HAM Konfirmasi Penyiksaan terhadap Brigadir J ke Bharada E dan Ajudan Lain Irjen Ferdy Sambo

Kompas.tv - 26 Juli 2022, 17:17 WIB
komnas-ham-konfirmasi-penyiksaan-terhadap-brigadir-j-ke-bharada-e-dan-ajudan-lain-irjen-ferdy-sambo
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) melakukan konfirmasi kepada sejumlah ajudan Kadiv Propam Nonaktif Polri Irjen Ferdy Sambo mengenai sejumlah luka yang ditemukan di jenazah Brigadir Nofryansah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Konfirmasi Komnas HAM itu diperlukan untuk menjawab spekulasi yang muncul bahwa Brigadir Nofryansah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J mengalami penyiksaan sebelum tewas. “Ada spekulasi bahwa salah satu penyebab kematian adalah adanya penyiksaan, kita ingin buktikan itu,” ucap Ketua Komnas HAM Ahmad Taufik Damanik, Selasa (26/7/2022).

Taufan Damanik mengatakan Komnas HAM tak hanya meminta keterangan perihal temuan luka di jenazah Brigadir J, juga peluru, pistol yang digunakan, serta pemiliknya.

“Kemudian dari temuan-temuan kita mengenai kondisi tubuh jenazah itu, kita akan tarik itu ke soal peluru, peluru akan berkait dengan senjata, senjata akan berkait dengan siapa yang memiliki senjata itu,” kata Taufan Damanik.

Baca Juga: Komnas HAM Ingatkan Pesan Jokowi ke Ajudan Irjen Ferdy Sambo: Sampaikan yang Sesungguhnya

“Itu baru nanti kita cari motifnya apa, jadi masih tahapan-tahapan untuk sampai ke situ, kami Komnas HAM tidak mau dipengaruhi oleh sekarang ada macam-macam spekulasi.”

Hingga berita ini diturunkan, proses meminta keterangan kepada ajudan Kadiv Propam Nonaktif Polri Irjen Ferdy Sambo masih berlangsung.

Sebelumnya, Taufan Damanik mengungkap pemeriksaan terhadap ajudan Irjen Ferdy Sambo diawali dengan briefing. Hal tersebut dilakukan agar ajudan Irjen Ferdy Sambo dapat memberikan keterangan yang sesungguhnya perihal tewasnya Brigadir J.

“Tadi ada briefing sebentar dari saya dan saudara Anam (Choirul Anam) dan Beka (Beka Ulung Hapsara) yang poinnya meminta mereka memahami bahwa peristiwa ini menjadi perhatian banyak pihak, termasuk kepala negara,” ucap Taufan Damanik.

Baca Juga: Ini Ajudan Irjen Ferdy Sambo yang Dimintai Keterangan Komnas HAM soal Kematian Brigadir J

“Karena itu bagi kami itu menjadi penting supaya mereka benar-benar menyampaikan keterangan informasi yang sungguh-sungguh mereka lihat mereka saksikan mereka dengar, katakan yang sebenarnya itu yang arahan dari saya tadi.”

Dalam pemeriksaan ajudan Irjen Ferdy Sambo, Taufan Damanik memastikan tidak ada pendamping yang ikut saat Komnas HAM meminta keterangan kepada tiap ajudan.

Jadi, kata Taufan Damanik, proses meminta keterangan hanya ada Komnas HAM dengan seorang ajudan di dalam ruangan.

“Mereka dipisah dalam ruangan-ruangan yang berbeda,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x