Kompas TV nasional peristiwa

Wakil Ketua DPRD DKI Tidak Setuju Lokasi Citayam Fashion Week Dipindah

Kompas.tv - 26 Juli 2022, 16:49 WIB
wakil-ketua-dprd-dki-tidak-setuju-lokasi-citayam-fashion-week-dipindah
Kerumunan orang yang ingin menyaksikan fenomena Citayam Fashion Week (CFW) di kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (23/7/2022). (Sumber: ANTARA/Ilham Kausar)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani tidak setuju Citayam Fashion Week (CFW) dipindah dari kawasan Sudirman, Dukuh Atas, Jakarta Pusat. 

Menurut dia, bukan hak pemerintah untuk memindahkan Citayam Fashion Week ke lokasi lain. 

"Saya nggak setuju kalau mau saya nggak setuju. Kenapa? Itu bukan hak kita untuk memindahkan karena ini kan fenomena alami kalau mereka mau pindah, boleh," kata Zita kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (26/7/22).

Baca Juga: Kemenkumham Bikin Tim Seleksi Ketat Pemrosesan Merek Citayam Fashion Week

Soal keluhan terkait keramaian yang disebabkan Citayam Fashion Week menganggu ketertiban dan lalu lintas, menurut Zita, lokasi digelarnya kegiatan itu bukanlah jalan umum dua arah, namun jalan menuju stasiun MRT.

"Di Jalan Sudirman ternyata itu belokan jadi ujungnya itu MRT jadi sebenarnya nggak begitu mengganggu sih kalau menurut saya ya," kata Zita. 

Tapi, Zita tidak memungkiri bahwa perlu adanya aturan dan ketentuan untuk gelaran Citayam Fashion Week, seperti contohnya hanya diadakan pada akhir pekan. 

"Memang sih harus diatur kalau menurut saya supaya boleh diadakan Jumat, Sabtu, Minggu kayak misalnya dibikin CFD (Car Free Day -red) kan ini fenomena bagus loh," kata dia. 

Zita menegaskan bahwa dirinya secara pribadi sangat mendukung adanya Citayam Fashion Week. Melalui kegiatan tersebut, kata Zita, pemuda-pemudi dari SCBD (Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok) dapat berekspresi secara bebas. 

"Kalau bisa yang di bawah umur itu diatur lalu yang lain-lainnya diberikan ruang agar mereka bisa berekspresi dengan bebas," kata dia. 


Baca Juga: Kemenkumham: Masyarakat Bisa Ajukan Keberatan Bila Citayam Fashion Week Didaftarkan HAKI

Sebelumnya, muncul sejumlah usulan lokasi alternatif untuk menggelar Citayam Fashion Week. 

Usulan ini muncul usai Citayam Fashion Week yang digelar di kawasan Sudirman, Dukuh Atas, Jakarta Pusat, menimbulkan keramaian yang mengganggu ketertiban umum. 

Lokasi alternatif tersebut antara lain Sarinah, Monas, Lapangan Taman Banteng, Taman Ismail Marzuki, hingga Kemayoran. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x