Kompas TV nasional peristiwa

Momen Pelantikan Perwira di Istana, Rafi Naufal Afriansyah Terima Penghargaan Adhi Makayasa 2022

Kompas.tv - 14 Juli 2022, 19:37 WIB
momen-pelantikan-perwira-di-istana-rafi-naufal-afriansyah-terima-penghargaan-adhi-makayasa-2022
Momen Letda Infanteri Rafi Naufal Afriansyah menerima penghargaan Adhi Makayasa 2022 dalam Pelantikan Perwira TNI-Polri 2022, Kamis (14/7/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyematkan Bintang Adhi Makayasa kepada lulusan terbaik akademi TNI-Polri, Kamis (14/7/2022).

Penyematan yang dilakukan Kepala Negara dalam rangka upacara Prasetya Perwira (Praspa) di Istana Merdeka.

Untuk diketahui Bintang Adhi Makayasa diberikan berdasarkan prestasi dalam beberapa aspek. Aspek yang dimaksud adalah akademis, jasmani, dan kepribadian, yang dihitung sejak calon prajurit taruna sampai tingkat akhir (penilaian akumulasi).

Salah satu penerima lulusan Adhi Makayasa Letda Infanteri Rafi Naufal Afriansyah mengungkapkan dirinya telah melalui banyak proses untuk akhirnya masuk Akademi Militer (Akmil).

Perwira Remaja asal Yogyakarta tersebut menjalani pendidikan selama empat tahun di Lembah Tidar, sebutan untuk Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Jokowi Lantik Perwira TNI-Polri 2022, Ini Empat Taruna Peraih Bintang Adhi Makayasa

"Untuk penempatan kami masih menunggu komando dari atasan, yang pasti kami siap ditempatkan di mana saja di seluruh Indonesia," tuturnya sumringah kepada jurnalis Kompas TV, Isye Naisila di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Kamis.

Rafi melanjutkan masuk militer merupakan cita-citanya sejak kecil. Pelantikan ini membuatnya menjadi satu-satunya militer yang berada di dalam keluarga.

"Iya ini cita-cita saya sejak kecil. Saya berasal bukan dari keluarga militer, saya ini orang pertama yang masuk,"

Pesan Rafi

Kepada para tingkat bawahnya yang sedang dalam pendidikan, Rafi berpesan agar untuk terus semangat dan tak mudah menyerah dalam berproses.

"Pesan saya kepada seluruh pemuda, tetap semangat jangan menyerah, apabila gagal coba lagi, satu kegagalan bisa jadi awal dari keberhasilan," tuturnya.

Baca Juga: [Full] Instruksi Jokowi di Pelantikan Perwira TNI-Polri 2022: Jaga Integritas dan Kepentingan Negara

"Saya juga masuk Akmil, ada banyak prosesnya, tetap berjuang dan mengingat orangtua. Insyaallah akan diberikan kemudahan," pungkas Rafi.

Seperti dilaporkan Kompas TV, dalam pelantikan perwira remaja TNI-Polri 2022, ada empat taruna yang meraih Bintang Adhi Makayasa sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 TNI Tahun 2022 dan nomor 45 Polri Tahun 2022 nomor tentang pengangkatan taruna dan taruni Indonesia Akademi Tentara Nasional Indonesia dan Akademi Kepolisian menjadi perwira Tentara Nasional Indonesia dan perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia.


Para penerima Bintang Adhi Makayasa tersebut yakni:

  • Akademi Militer (Akmil) Rafi Naufal Afriansyah.
  • Akademi Angkatan Laut (AAL) Elang Tri Esthi Firnanda.
  • Akademi Angkatan Udara (AAU) Jeremia Zophie Pramudya.
  • Akademi Kepolisian (Akpol) Adira Rizky Nugroho.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x