Kompas TV nasional peristiwa

Moeldoko Ungkap Soal Pengganti Tjahjo Kumolo untuk Menpan RB, Ini Katanya

Kompas.tv - 14 Juli 2022, 14:34 WIB
moeldoko-ungkap-soal-pengganti-tjahjo-kumolo-untuk-menpan-rb-ini-katanya
Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko memastikan pihaknya tidak pernah mengajukan permohonan sumbangan atas nama KSP. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko buka suara soal masa jabatan Tito Karnavian sebagai Menteri adinterim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) yang berakhir besok, Jumat (15/7/2022).

Menurut Moeldoko, soal siapa pemimpin untuk Kemenpan-RB menjadi otoritas dari Presiden Joko Widodo.

“Itu nanti otoritasnya Presiden,” singkat Moeldoko saat dikonfirmasi oleh Jurnalis KOMPAS TV Cindy Permadi, Kamis (14/7/2022).

Sebagai informasi, penunjukan terhadap Tito Karnavian sebagai Menteri adinterim Kemenpan RB berlaku hingga 15 Juli 2022.

Baca Juga: Jokowi Ungkap soal Pengganti Tjahjo Kumolo, Ini Katanya

Dilansir dari laman Kemenpan RB, penunjukkan Tito Karnavian sebagai Menteri ad interim Kemenpan RB tertuang dalam surat bernomor B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno tertanggal 4 Juli 2022.

“Berkenaan dengan wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dengan hormat kami beri tahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Dalam Negeri sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ad interim, dari tanggal 4 s.d. 15 Juli 2022,” demikian bunyi putusan tersebut, Selasa (5/7/2022).

Perihal tersebut, Presiden Jokowi sempat menyampaikan jika pengganti Tjahjo Kumolo untuk Kemenpan RB masih dalam proses.

Presiden Jokowi menuturkan, saat ini pemerintah masih dalam suasana duka atas meninggalnya Tjahjo Kumolo.

“Belum masih dalam proses semuanya, kita juga menunggu masih dalam suasana duka,” ujar Presiden Jokowi di Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga: Nama-Nama yang Berpeluang Menggantikan Almarhum Tjahjo Kumolo sebagai Menpan RB

Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022 di RS Abdi Waluyo Menteng, Jakarta Pusat.

Tjahjo Kumolo meninggal setelah dua pekan menjalani perawatan intensif akibat sakit infeksi paru-paru.

Almarhum yang tercatat pernah menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokarsi (Menpan RB) dimakamkam di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Terkait posisi kosong Menpan RB, Presiden Jokowi menunjuk Mendagri Tito Karnavian untuk menjadi Menteri adinterim Kemenpan RB.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x