Kompas TV nasional peristiwa

IDNOG Kembali Gelar Workshop untuk Tingkatkan Keahlian Engineer Jaringan Indonesia

Kompas.tv - 12 Juli 2022, 19:56 WIB
idnog-kembali-gelar-workshop-untuk-tingkatkan-keahlian-engineer-jaringan-indonesia
IDNOG (Indonesia Network Operators Group) menggelar serangkaian acara yang terdiri atas workshop dan konferensi di Jakarta 25-27 Juli 2022 mendatang. (Sumber: ANTARA/HO)
Penulis : Dian Septina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia Network Operators Group (IDNOG) akan menggelar serangkaian acara yang terdiri atas workshop dan konferensi di Jakarta pada 25-27 Juli 2022 mendatang.

Acara ini digelar di Sekretariat Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) di Gedung Cyber lantai 11, Jalan Kuningan Barat 8, Jakarta Selatan.

IDNOG mengundang narasumber dan trainer dari Asia Pacific Network Information Center (APNIC) seperti Shane Hermono, Warren Finch, dan Wita Laksono. Acara ini digelar tiap tahun, namun karena pandemi Covid-19, harus tertunda dua tahun.

Ketua IDNOG Rommy Kuntoro mengatakan, setelah mengadakan workshop, IDNOG akan melanjutkan kegiatan dengan konferensi pada 28 Juli di Sheraton Grand, Gandaria City, Jakarta.

"Konferensi ini terbuka bagi seluruh pengelola jaringan baik dari operator telekomunikasi, penyedia jasa internet (ISP), korporasi, pemerintahan, akademi, vendor perangkat keras/lunak, data center, cloud, dan sebagainya," kata Rommy dalam keterangan yang diterima Kompas TV, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga: Blackberry Raup Pendapatan Rp2,48 T dari Bisnis Teknologi dan Keamanan Siber untuk Mobil

Konferensi ini juga akan menghadirkan narasumber terbaik di bidangnya, yaitu Aditya Kaul (Juniper Solution Architect), Prof. DR. Yudho G Sucahyo (Ketua PANDI), Syarif Lumintarjo (Ketua Bidang IIX APJII), Achie Atienza (Globe Telecom), dan Jarod Kuok (Huawei).

Dengan adanya pelatihan dan konferensi IDNOG ini, ekosistem internet Indonesia akan terus berkembang maju. Hal ini karena IDNOG telah menciptakan lingkungan digital yang lebih berkualitas khususnya di bidang network engineer.

Rangkaian acara IDNOG ini nantinya juga dapat diakses melalui media sosial IDNOG seperti Youtube, Discord, Facebook dan situs resmi IDNOG di www.idnog.or.id.

Sebagai informasi, IDNOG adalah perkumpulan nirlaba independen yang tidak dibawahi oleh institusi atau organisasi manapun.

Baca Juga: FIFA akan Gunakan Teknologi Pendeteksi Offside Semi-Otomatis di Piala Dunia 2022 Qatar

Visi perjuangan IDNOG adalah sebagai wadah bagi seluruh engineer jaringan di Indonesia, supaya dapat saling belajar dan update teknologi baru, berbagi pengalaman dalam pengelolaan jaringan atau pemecahan permasalahan di jaringan atau ide-ide, serta bekerja sama dalam suatu kegiatan.

Secara organisasi, IDNOG memiliki komite yang bersifat relawan dengan anggotanya adalah para penggiat di ISP, operator telekomunikasi, pemilik jaringan lain, konten, akademisi, regulator di Indonesia, dan sebagainya.

Saat ini, Komite IDNOG terdiri atas Agus Ariyanto, Eko Budhi Harsono, Freddie Pinontoan, Parlindungan Marius, Rommy Kuntoro, Sapto Anggoro, Valens Riyadi, Wita Laksono (APNIC), dan Muhammad Arif (Ketua Umum APJII).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x