Kompas TV nasional politik

Jokowi Komentari Zulhas yang Promosikan Anaknya di Lampung Sambil Bagi-bagi Minyak Goreng

Kompas.tv - 12 Juli 2022, 10:42 WIB
jokowi-komentari-zulhas-yang-promosikan-anaknya-di-lampung-sambil-bagi-bagi-minyak-goreng
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau minyak goreng curah di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/6/2022). (Sumber: Kompas.id/MACHRADIN WAHYUDI RITONGA)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

SUBANG, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo buka suara terkait tindakan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan yang melakukan pembagian minyak goreng di Bandar Lampung, Lampung.

Dalam laporan Kompas TV, Zulkifli Hasan meminta warga Kecamatan Telukbetung Timur, Bandar Lampung, Lampung untuk memilih anaknya Futri Zulya Savitri saat pembagian minyak, Sabtu (9/7/2022) kemarin.

Sembari memberikan minyak goreng Zulhas memberi pesan kepada penerima agar memilih anaknya.

"Uangnya enggak usah, dikantongin aja. Rp10.000 yang nanggung Futri. Kasih uangnya. Nanti pilih Futri, ada deh ginian (pembagian minyak) dua bulan sekali," tutur Zulkifli dalam laporan Kompas TV.


 

Menanggapi kejadian tersebut Presiden Joko Widodo meminta para menteri untuk fokus bekerja. Ia menyatakan Menteri Perdagangan harus bertugas seperti yang Kepala Negara tugaskan.

Baca Juga: Momen Zulkifli Hasan Minta Warga Pilih Anaknya Saat PAN-Sar Murah di Lampung

"Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau menteri perdagangan yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin," tutur Jokowi di Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022) dikutip dari Kompas.com.

Kepala Negara melanjutkan jika Mendag ke pasar harusnya dalam rangka mengecek harga minyak atau harga komoditas pangan lainnya. Terlebih untuk harga minyak goreng curah.

"Jadi ke pasar-pasar dalah dalam rangka mengecek, saya pun sama mengecek minyak goreng. Utamanya ini yang kita cek itu minyak curah lho ya," tutur Jokowi.

Sebelumnya diberitakan Partai Amanat Nasional (PAN) menjelaskan tindakan Zulhas saat mempromosikan anaknya ketika momen pembagian minyak goreng merupakan acara dari partai.

Baca Juga: Bertolak ke Subang Pakai Helikopter, Jokowi Akan Bagikan Bansos hingga Temui Petani

Diketahui Futri Zulya Savitri merupakan pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN Dapil Lampung 1. Kunjungan Zulhas dalam acara tersebut disorot karena mewakili dua kepentingan sekaligus yakni sebagai Mendag dan Ketua Umum PAN yang tengah kampanye.

Diberitakan Kompas.com, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Maula mengatakan kedatangan Zulhas ke acara tersebut mewakili partai, bukan pemerintah.

"Acara itu hari Sabtu, di mana para pegawai ASN di pemerintahan libur. Acara itu bukan acara pemerintahan, tetapi acara partai. Bang Zulkifli Hasan hadir selaku Ketua Umum PAN meninjau acara PAN, yaitu PANsar Murah," kata Viva Yoga.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x