Kompas TV nasional peristiwa

Minta Semua Tanggung Jawab Atasi Polusi Udara Jakarta, Anies: Angin dan Udara Tidak Punya KTP

Kompas.tv - 10 Juli 2022, 16:13 WIB
minta-semua-tanggung-jawab-atasi-polusi-udara-jakarta-anies-angin-dan-udara-tidak-punya-ktp
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (10/7/22). (Sumber: Kompas.tv/Hasya Nindita)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta semua pihak untuk bertanggungjawab untuk atasi masalah polusi udara di Jakarta. 

Menurut dia, kualitas udara Jakarta yang buruk tidak terlepas dari pencemar yang disebabkan oleh wilayah-wilayah lain di sekitar Jakarta. 

"Ini menggambarkan bahwa kondisi udara di sebuah wilayah tidak terlepas dari wilayah-wilayah yang lain karena udara angin tidak memiliki KTP yang hanya tinggal di tempat tertentu," kata Anies di Jakarta International Stadium (JIS) usai salat Iduladha, Minggu (10/7/22). 

Baca Juga: Anies akan Cabut Izin Lingkungan Perusahaan yang Hasilkan Polutan Berlebih

Anies mengatakan, ada pergerakan udara yang begitu luas, sehingga tanggung jawab tidak hanya diemban Pemprov DKI Jakarta namun juga pemerintah daerah di wilayah penyangga Jakarta. 

Konsekuensi udara yang tidak sehat, kata Anies, dirasakan oleh seluruh warga, tidak hanya warga Jakarta saja. 

"Jadi termasuk cerobong-cerobong pembangkit listrik. Pastikan bahwa tidak menghasilkan polusi udara yang mengotori sehingga berdampak kepada kita semua penduduk di Jakarta dan sekitarnya," kata dia. 

Anies mencontohkan Pemprov DKI Jakarta yang menindak tegas perusahaan yang terbukti mencemari udara dengan mencabut izin lingkungan hidupnya. 

Anies berharap, sikap ini dapat dicontoh oleh wilayah lain di sekeliling Jakarta. 

Baca Juga: Jakarta Ulang Tahun ke-495, Djarot Ingatkan Anies soal Tingkat Polusi yang Tinggi

Jika tidak, lanjut Anies, satu sama lain akan terus saling tuding dan saling lihat soal siapa penyebab polutan tertinggi. 

"Padahal ini adalah hasil kegiatan kita di tingkat keluarga, kegiatan perekonomian menggunakan mobil dan motor menghasilkan emisi, di tingkat industri pembangkit-pembangkit energi menghasilkan juga cerobong-cerobong asap yang mewarnai membuat polusi," kata Anies. 

Oleh sebab itu, Anies berharap semua bertanggung jawab atas masalah polusi udara di Jakarta. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.