Kompas TV nasional peristiwa

Riuh Warganet Soroti Sapi Kurban Kabur dan Mengamuk Selama Iduladha 1443 H

Kompas.tv - 10 Juli 2022, 14:09 WIB
riuh-warganet-soroti-sapi-kurban-kabur-dan-mengamuk-selama-iduladha-1443-h
Seekor sapi yang hendak disembelih lari dan masuk ke pasar Argosaro, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (9/7/2022) (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada perayaan Iduladha 1443 Hijriyah atau 2022 masehi kali ini, sejumlah sapi mengamuk dan memberontak ketika akan disembelih tertangkap kamera warganet.

Sebagian umat Islam di Indonesia melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada hari Sabtu (9/7), sedangkan sebagian yang lain baru melaksanakan kurban pada hari ini, Minggu (10/7)

Pada Sabtu (9/7) seekor sapi yang hendak disembelih dilaporkan lari dan masuk ke pasar Argosaro, Gunungkidul, Yogyakarta. Sapi berwarna putih itu terlepas dari tali pengikat pohon ketika ditinggal menurunkan sapi berikutnya dari kendaraan.

Sontak, para pedagang pun panik melihat sapi yang berlarian di dalam pasar tersebut. Setelah sapi itu keluar dari pasar, warga beramai-ramai menjinakkan sapi dengan cara mengikatnya.

Butuh lebih dari lima orang untuk menjinakkan sapi yang kabur itu. Kejadian tersebut menjadi tontonan warga karena terjadi saat aktivitas pasar sedang ramai.

Baca Juga: Sapi Kabur Masuk Pasar Argosari Hingga Tradisi Kirab Kambing Kurban di Jember!

Di Ciamis, Jawa Barat, warga tampak berlarian ketika seekor sapi mengamuk dan menyasar para warga yang berkerumun di sebuah lahan dekat perkebunan.

Sapi berwarna cokelat yang lehernya masih terikat tali itu berlari-lari sambil terlihat hendak menyeruduk orang-orang yang berdiri di sekitarnya.

Sapi berwarna cokelat lainnya, di Cipondoh, Tangerang bahkan menyeburkan diri ke dalam sungai ketika hendak disembelih. 

Warga beramai-ramai berusaha menaikkan sapi tersebut dari sungai di Jalan Irigasi Sipon itu. Seorang warga bahkan tampak ikut masuk ke dalam sungai yang kedalaman airnya setinggi paha orang dewasa itu.

Masih sapi berwarna cokelat, kali ini di Kali Benhil, Jakarta Pusat juga tampak berlari di pinggiran sungai. 

Sapi yang menurut warga hendak dikurbankan itu tampak lincah berlarian di bagian sungai yang berair dangkal sehingga menjadi tontonan warga.

Peristiwa itu diunggah di media sosial Instagram pada Minggu (10/7) siang dan telah disukai lebih dari 60 ribu pengguna.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo)

Di media sosial Tiktok, seorang pengguna juga mengunggah video sapi yang mengamuk ketika hendak disembelih pagi ini, Minggu (10/7). 

Sapi berwarna cokelat yang diikat di pohon tersebut tampak menendang-nendang tali yang melilit kakinya ketika akan disembelih warga.

Belum diketahui lokasi penyembelihan sapi cokelat ini, tapi tampaknya di daerah Jawa Barat, karena warga di dalam video terdengar berbicara menggunakan Bahasa Sunda.



Sumber : Kompas TV, berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x