Kompas TV nasional peristiwa

Masjid Istiqlal Terima Hewan Kurban 48 Ekor, Ada dari Jokowi Berbobot 1,4 Ton: Kami Sembelih Senin

Kompas.tv - 10 Juli 2022, 12:54 WIB
masjid-istiqlal-terima-hewan-kurban-48-ekor-ada-dari-jokowi-berbobot-1-4-ton-kami-sembelih-senin
Presiden Jokowi saat meninjau hewan kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta, selepas pelaksanaan salat Iduladha, Minggu (10/7/2022) (Sumber: Kompastv/Ant/Desca Lidya)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV — Masjid Istiqlal menerima hewan kurban sebanyak 48 ekor pada perayaan Iduladha 2022. Dengan rincian sapi sebanyak 32 ekor dan kambing 16 ekor.

Wakil Ketua Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengatakan di antara puluhan sapi itu salah satunya merupakan sumbangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Di antara puluhan sapi itu, salah satunya merupakan sumbangan dari Presiden Joko Widodo. Disebut-sebut, sapi tersebut memiliki bobot lebih dari satu ton," kata Abu Hurairah seperti dilansir Antara, Minggu (10/7/2022).

Untuk diketahui, seekor sapi kurban yang disumbangkan Jokowi ke Masjid Istiqlal memiliki berat 1,4 ton. Sapi itu berjenis simental, berwarna cokelat dan datang dari Magelang.

Baca Juga: Daging Kurban Sebaiknya Dibagikan kepada Siapa Saja? Ini Aturannya Menurut Islam

Pengurus Masjid Istiqlal juga menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan penyembelihan hewan pada hari Senin (11/7) mendatang.

Ia menegaskan, selepas pelaksanaan Shalat Iduladha, pengurus tidak akan langsung melakukan penyembelihan.

"Kami menyembelih hewan kurban pada Senin," kata dia.


Ia memastikan, hewan kurban yang akan didistribusikan maupun disembelih itu telah terseleksi dan memiliki sertifikat bebas dari segala penyakit, termasuk penyakit mulut dan kuku (PMK).

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan bahwa tak akan ada pembagian daging kurban secara langsung di Masjid Istiqlal. Daging akan langsung dibagikan ke RT/RW yang telah terdata.

"Jangan sampai nanti ada masjid fiktif. Harta ibadah tidak boleh dimanipulasi, tidak boleh dikorupsi," kata dia.

Pelaksanaan salat Iduladha 1443 Hijriah di Istiqlal dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan dan Pejabat Kementerian dan Lembaga Negara, serta Duta Besar negara-negara sahabat.

Salat yang dimulai pukul 07.00 WIB ini diikuti sekitar 100ribu masyarakat Ibu kota dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Baca Juga: Momen Iduladha, Kapolri Ingatkan Agar Penyembelihan Hewan Kurban saat Wabah PMK sesuai dengan SOP



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x