Kompas TV nasional peristiwa

Kiai Jombang Pesan ke Kapolda Jatim: Enggak Usah Maksa-maksa, Ini Nanti Tidak Baik

Kompas.tv - 7 Juli 2022, 14:34 WIB
kiai-jombang-pesan-ke-kapolda-jatim-enggak-usah-maksa-maksa-ini-nanti-tidak-baik
Momen Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat bernegosiasi dengan Pengasuh Pondok Pesantren Shiddiqiyyah, Jombang, Kiai Haji Muhammad Muchtar Mukhti (Sumber: istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JOMBANG, KOMPAS.TV - Pengasuh Pondok Pesantren Shiddiqiyyah, Jombang, Kiai Haji Muhammad Muchtar Mukhti berpesan kepada Kapolda Jatim untuk tidak melakukan penangkapan paksa terhadap anaknya, Moch Subchi Azal Tsani alias Mas Bechi yang menjadi buronan kasus pencabulan.

Melalui Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat, Kiai Haji Muhammad Muchtar Mukhti mengatakan akan mengantarkan anaknya langsung ke Polda Jatim.

“Nanti saya antar ke sana (Polda Jawa Timur), setelah selesai acara, pelantikan ini,” ucap Kiai Haji Muhammad Muchtar Mukhti kepada Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat di Pondok Pesantren Shiddiqiyyah, Jombang, Jawa Timur, Kamis (7/7/2022).

“Iya nanti diantar, enggak usah maksa-maksa. Sampaikan kepada Kapolda,” ucap Kiai Haji Muhammad Muchtar Mukhti.

Baca Juga: Ini Momen Kiai Jombang Janji Antar Anaknya yang Jadi Tersangka Pencabulan Santriwati ke Polda Jatim

Pengasuh Pondok Pesantren Shiddiqiyyah ini menuturkan tidak ingin ada keributan terkait perkara yang disangkakan terhadap anaknya.

“Jangan paksa, ini nanti tidak baik, tidak semua baik, gitu loh,” ucap Kiai Haji Muhammad Muchtar Mukhti.


 

Dalam proses negosiasi, Kapolres Jombang pun menekankan kepada Kiai Haji Muhammad Muchtar Mukhti untuk mengantar langsung anaknya, Moch Subchi Azal Tsani Alias Mas Bechi ke Polda Jawa Timur pada sore hari.

Namun, ayah dari Bechi, mengaku jika hari ini di pondok pesantren yang diasuhnya masih ada acara.

Baca Juga: Polisi Bantah Kabar Anak Kiai Jombang Sudah Ditangkap: Masih dalam Pencarian

“Hari ini masih ada acara, setelah hari ini (Kamis),” kata Kiai Haji Muhammad Muchtar Mukhti.

Sebagai informasi, MSAT sudah 6 bulan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Polisi sempat mengetahui jejaknya, namun gagal menemukan anak Kiai Haji Muhammad Muchtar Mukhti tersebut dalam rombongan mobil di Ploso, Jombang.

Sebelumnya diberitakan, pihak kepolisian melakukan pengepungan di Pondok Pesantren (Ponpes) Shiddiqiyyah Ploso, Jombang, Jawa Timur, Kamis (7/7/2022).

Pengepungan dilakukan dalam upaya penangkapan Mas Bechi. Dia merupakan tersangka kasus dugaan pidana kekerasan seksual terhadap santriwati yang juga adalah anak kiai di ponpes tersebut.

Tampak sejumlah aparat kepolisian yang mengenakan atribut lengkap dengan tameng besi dan senjata bersiaga di depan gerbang ponpes. 

Baca Juga: Pendukung Anak Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Disebut Intimidasi hingga Persekusi Korban

Laporan jurnalis KOMPAS TV, Muhammad Syafiudin, menyebutkan polisi melakukan proses upaya jemput paksa terhadap Mas Bechi.

"Informasi yang kami dapatkan. Saat ini betul memang dilakukan upaya jemput paksa hari ini. Dan ini polisi juga melakukan upaya maksimal dengan mengerahkan sejumlah anggota," kata Syafiudin di lokasi, Kamis.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x