Kompas TV nasional sosial

Mulai Diuji Coba, Ini Jadwal dan Rute KRL Stasiun Matraman

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 11:11 WIB
mulai-diuji-coba-ini-jadwal-dan-rute-krl-stasiun-matraman
Stasiun Matraman akan mulai diuji coba pada Kamis (16/6/2022). Stasiun itu akan difungsikan sebagai alternatif penumpang KRL naik-turun antara Stasiun Manggarai dan Jatinegara. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT KAI Daop 1 Jakarta dan KAI Commuter melakukan uji coba operasional pelayanan naik turun bagi pengguna KRL di Stasiun Matraman mulai Jumat (17/6/2022). 

Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan pembangunan Stasiun Matraman ini bertujuan untuk mengurangi penumpukan pengguna KRL di Stasiun Manggarai.

"Pengoperasian stasiun ini diharapkan menjadi alternatif pilihan bagi pengguna KRL naik dan turun selain di Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara," ujarnya, dilansir dari Kompas.com, Senin (13/6/2022) kemarin.

Untuk diketahui Stasiun Matraman berlokasi di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur. Proyek strategis pemerintah ini dibangun sebagai Infrastruktur Perkeretaapian, yaitu Double-Double Track (DDT) pada lintas Manggarai–Cikarang.

Baca Juga: Stasiun Matraman Mulai Diuji Coba Besok, Bisa Diakses Pakai Transjakarta

Jadwal Stasiun Matraman

Stasiun Matraman saat ini telah dibuka untuk diuji coba pada Jumat (17/6/2022). Pemberlakukan uji coba hanya selama seminggu atau berakhir pada Jumat (24/6/2022).

Stasiun yang memiliki dua lantai ini diharapkan dapat melayani pengguna yang berada di wilayah Jalan Matraman dan wilayah Kampung Melayu.

Rute Stasiun Matraman

Stasiun Matraman akan melayani perjalanan KRL lintas Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang. Rute ini jadi alternatif sebagai pengganti bagi KRL Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota yang tak aktif.


Adapun jalur KRL Cikarang/Bekasi akan langsung menuju Kampung Bandan. Sementara untuk penumpang dari arah Bekasi akan melewati Stasiun Jatinegara sebelum akhirnya tiba di Stasiun Matraman. Begitu pun sebaliknya.

Baca Juga: Stasiun Matraman akan Dioperasikan, Jadi Alternatif Naik-Turun KRL Selain Manggarai dan Jatinegara

Dilansir dari Kompas.com, penumpang dari arah Kampung Bandan yang turun di Stasiun Matraman, KRL akan berhenti di Matraman setelah singgah di Manggarai.

Stasiun Matraman diprediksi melayani pengguna KRL dengan rata-rata sebanyak 2.203 orang per hari.

Sementara untuk perkiraan jumlah pengguna yang naik adalah 1.100 orang dan pengguna yang turun sebanyak 1.103 orang.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x