Kompas TV nasional agama

Diduga Stress Belum Pernah Naik Pesawat, Calon Haji asal Sumut Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Kompas.tv - 16 Juni 2022, 10:03 WIB
diduga-stress-belum-pernah-naik-pesawat-calon-haji-asal-sumut-gagal-berangkat-ke-tanah-suci
Potret jemaah calon haji Kloter 05 Medan yang diberangkatkan pada Rabu malam (15/6/2022). Sayangnya, ada satu calon haji yang gagal berangkat karena sakit sebelum pesawat take off (Sumber: Antara/Munawar)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kisah pilu harus dialami Nurlela Sari Rambe (56), seorang jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, yang harus menunda keberangkatannya ke Tanah Suci.

Padahal, ia sendiri sudah duduk dalam pesawat dan terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit. 

Diduga, calon haji dari kelompok terbang (kloter) 05 Embarkasi Medan ini stres, belum pernah naik pesawat. 

Nurlela pun gagal terbang ke tanah suci karena harus dilarikan ke Rumah Sakit Grand Medistra Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang.  

Hal itu diungkap Humas Haji Embarkasi Medan HM Yunus ketika dikonfirmasi, Rabu malam (15/6). 

Ia pun membenarkan seorang calon jamaah haji yang gagal berangkat haji itu dan berasal dari Labuhanbatu, Sumatera Utara. 

Yunus menyebutkan, jamaah haji tersebut dengan Manifes 028, Porsi 0200127086 dan Paspor C6769081 tidak jadi ke tanah suci karena harus dirujuk ke rumah sakit.

"Padahal jamaah haji Nurlela sudah sempat duduk di dalam pesawat," ucapnya dikutip Antara, Kamis (16/6/20222).

Ia mengatakan, jamaah haji perempuan itu sakit sebelum Take Off, diduga karena belum pernah naik pesawat dan kemungkinan stres.

"Jadi dibawa ke Rumah Sakit Medistra Lubuk Pakam, saat ini sudah mulai membaik," katanya.

Baca Juga: Bumbu Makanan Jemaah Haji di Saudi Didatangkan dari Tanah Air, Menunya Rendang hingga Tongseng

Yunus menambahkan, mengenai jamaah calon haji yang sakit dan gagal berangkat ini, masih menunggu penjelasan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Pada kesempatan yang sama, Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga, di Asrama Haji Medan, Rabu (15/6), melepas keberangkatan 390 jamaah calon haji (JCH) yang tergabung pada Kloter 5 Embarkasi Medan berangkat ke tanah suci Mekkah. 


Dari jumlah 390 JCH Kloter 5 Embarkasi Medan terdiri dari 216 orang dari Kabupaten Labuhanbatu, 151 orang dari Kota Medan, 17 orang dari Kabupaten Dairi,dan 6 orang petugas haji dari daerah Kota Medan dan petugas haji dari Pusat.

Data yang diperoleh, rombongan Embarkasi Medan yang akan diberangkatkan terdiri dari 3.777 orang haji regular, 20 orang PPIH kloter, 20 orang petugas kesehatan, 5 orang pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dan 20 orang petugas haji daerah (KDH).



Sumber : ANTARA


BERITA LAINNYA



Close Ads x