Kompas TV nasional berita utama

Politisi PDIP Blak-blakan soal Wempi Wetipo Terpilih Wamendagri: Untuk Bangun Papua Lebih Baik

Kompas.tv - 16 Juni 2022, 07:14 WIB
politisi-pdip-blak-blakan-soal-wempi-wetipo-terpilih-wamendagri-untuk-bangun-papua-lebih-baik
John Wempi Wetipo yang namanya mencuat dalam Resuffle Kabinet hari ini. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan, Wempi Wetipo digeser Presiden Joko Widodo dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) karena memahami situasi di Papua.

Presiden Jokowi ingin, Wempi Wetipo yang merupakan kader PDI Perjuangan dapat mengawal kebijakan pemerintah untuk membangun Papua lebih baik lagi.

“Pak Wempi kan cuma pindah posisi dari Wakil Menteri PUPR ke Wamendagri, kenapa penting? Karena Pak Wempi punya background pengalaman kepala daerah dan paham kondisi situasi papua,” ucap Djarot dalam wawancaranya dengan Jurnalis KOMPAS TV Ursula Putri, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga: Wempi Wetipo Resmi Dilantik Jadi Wamendagri, Harta Kekayaan Capai Rp65,3 Miliar

“Oleh karena itu diharapkan bisa mengawal kebijakan-kebijakan Pak Jokowi untuk membangun Papua lebih baik dan ciptakan iklim Papua dengan pendekatan kultural, dengan pendekatan local wisdomnya.”

Sebagaimana telah diberitakan KOMPAS TV, Wempi Wetipo kemarin menjadi satu di antara yang menjalani pelantikan Menteri dan Wakil Menteri untuk Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2022-2024.

Berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24M Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan wakil menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024, John Wempi Wetipo ditunjuk dan dilantik sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri.

Dalam kesempatan tersebut, John Wempi Wetipo dilantik bersama dengan Afriansyah Noor untuk jabatan Wakil Menteri Tenaga Kerja dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Baca Juga: Profil John Wempi Wetipo, Politikus PDIP Jadi Wamendagri dalam Reshuffle Kabinet Hari Ini

Lalu, Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Dengan jabatan barunya, John Wempi Wetipo akan membantu Tito Karnavian memperkuat kerja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


Dalam pelantikan, hadir Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x