Kompas TV nasional peristiwa

Jenazah Eril Ditemukan, Yellow Notice Segera Ditutup Interpol

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 10:56 WIB
jenazah-eril-ditemukan-yellow-notice-segera-ditutup-interpol
Eril, anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang hilang di sungai Aare, Swiss telah ditemukan di Bendungan Engehalde, Rabu (8/6/2022). (Sumber: Instagram)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV — Kepolisian RI mengungkapkan bahwa yellow notice untuk pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, bakal segera ditutup interpol.

Hal itu dilakukan karena jenazah Eril yang hilang di sungai Aare, Bern, Swiss telah ditemukan pada Rabu (8/6/2022) di Bendungan Engehalde, Bern.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa penutupan yellow notice ini nantinya bakal diinfokan kepada seluruh anggota yang tergabung dalam Interpol.

"Apabila sudah ditemukan, nanti dari NCB Interpol pusat Lyon akan menginfokan dan menutup yellow notice dan menyampaikan kepada seluruh anggota karena jenazah Eril sudah ditemukan," kata Dedi saat dikonfirmasi, dikutip dari Tribunnews.com, Jumat (10/6/2022).

Selain penutupan yellow notice, nantinya dipastikan jenazah Eril akan segera diserahkan Kepolisian Swiss kepada pihak keluarga di Kedutaan Besar RI (KBRI).

"Nanti untuk jenazah juga akan diserahkan kepada pihak keluarga di KBRI oleh kepolisian setempat," pungkasnya.

Baca Juga: Kondisi Jasad Eril Dibeberkan Ridwan Kamil dan Atalia: Utuh, Bersih, Tersenyum...

Sebelumnya, Eril dilaporkan hilang usai terseret arus sungai Aare pada Kamis, 26 Mei 2022 siang waktu setempat.

Menurut pihak keluarga, Eril berada di Swiss karena sedang mencari kampus untuk melanjutkan pendidikan S2.

Sejak dinyatakan hilang, hingga sepekan lebih Ridwan Kamil bersama istrinya, Atalia, ikut memantau langsung proses pencarian.

Emil ikut menyusuri tepi Sungai Aare. Namun, upaya tim SAR setempat belum membuahkan hasil. Setelah sepekan pencarian, keluarga pun kemudian menyatakan ikhlas dan meyakini bahwa Eril telah meninggal dunia karena tenggelam.

Hal tersebut disampaikan oleh kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, di Bandung, Jumat (3/6).

"Kang Emil (Ridwan Kamil) dan Teh Lia (Atalia) sudah meyampaikan bahwa mereka ikhlas dan menyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz yang kita kenal sebagai Eril, sudah wafat berpulang ke rahmatullah," ucap Erwin.

Bahkan, pada Jumat (3/6), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat juga mengimbau seluruh warga untuk melakukan salat gaib untuk Eril.

Di sisi lain, Ridwan Kamil menduga Eril mengalami kram ketika berenang di Sungai Aare.

"Jadi pas kejadian anak kami itu terduga ada kram," kata Ridwan, Minggu (5/6).

Jenazah Eril kemudian ditemukan pada Rabu (8/6/2022). Ridwan saat ini sedang berada di Swiss untuk menjemput jenazah putranya untuk dibawa pulang ke Tanah Air.

Dari Swiss, Ridwan menerangkan, jenazah Eril ditemukan utuh, bersih, dan wangi walaupun sudah lebih dari 14 hari.

Baca Juga: Begini Penghormatan Islam terhadap Jenazah Eril Usai Ditemukan: Dimandikan hingga Disalatkan



Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x