Kompas TV nasional peristiwa

Jemput Jenazah Eril, Ridwan Kamil: Saatnya Kamu Pulang ke Tanah Air Menghaturkan Terima Kasih

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 09:25 WIB
jemput-jenazah-eril-ridwan-kamil-saatnya-kamu-pulang-ke-tanah-air-menghaturkan-terima-kasih
Ridwan Kamil dan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. (Sumber: Tribunnews.com/Instagram emmerilkahn)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kini telah bertemu dengan jenazah putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), yang hilang terseret arus di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada 26 Mei lalu.

Setelah ditemukan pada hari ke-14 pencarian, sejak Kamis (9/6/2022), Ridwan Kamil mengajukan cuti untuk menjemput jenazah Eril dan membawanya kembali ke Tanah Air.

Dalam unggahannya, Ridwan Kamil menyebut Eril akan pulang ke Tanah Air untuk menghaturkan terima kasih kepada jutaan masyarakat Indonesia yang telah mendoakannya.

"Hai Eril, saatnya kamu pulang ke Tanah Air, untuk menghaturkan terima kasih kepada jutaan yang telah mendoakanmu," kata Ridwan Kamil dalam akun instagram resminya, dikutip Kompas TV, Jumat (10/6/2022).

Baca Juga: Jasad Eril Ditemukan, Teuku Wisnu hingga Ernest Prakasa Ucap Belasungkawa

Melalui unggahannya itu, Kang Emil juga menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan atas kesempatan yang diberikan sehingga ia dapat kembali memeluk Eril.

Emil juga bersyukur karena bisa kembali mengumandangkan azan dengan sempurna di telinga Eril percis seperti saat pertama kali putra sulungnya itu lahir di New York sekira 23 tahun silam.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Terakhir, Emil juga mengabarkan kondisi jenazah Eril yang bersih, menengok ke kanan, dan dalam keadaan wangi seperti daun eucalyptus.

Emil meyakini, selama 14 hari, Sungai Aare benar-benar telah melindungi dan mensucikan putranya dari marabahaya.

"Dan Masya Allah, walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apapun, wajah rapih menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus. Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri," pungkasnya.

Sebelumnya, jenazah Eril ditemukan pada Rabu (8/6/2022) pagi. Informasi tersebut sebagaimana disampaikan Duta Besar RI (Dubes RI) untuk Swiss Muliaman Hadad dengan didampingi adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, dalam konferensi pers yang digelar KBRI Bern secara virtual, Kamis (9/6/2022).

"Pihak kepolisian (Bern) mengonfirmasi, jasad yang ditemukan adalah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril," kata Dubes Muliaman.

Kepastian ini diperoleh Kepolisian Bern setelah melakukan proses forensik dengan menyesuaikan data DNA pihak keluarga, yakni Atalia Praratya, ibunda Eril.

Saat ini, jenazah Eril diinformasikan sedang ditindaklanjuti dengan melakukan pemenuhan haknya sebagai muslim.

Baca Juga: Atalia Unggah Momen Doa Bersama Usai Kabar Jenazah Eril Ditemukan: Ini Pertama Kali Saya Kuat Bicara

"(Jenazah Eril) akan disucikan dikafani, disalatkan sesuai syariat Islam," kata Elpi Nazmuzzaman.

Dalam kesempatan itu, keluarga berharap jenazah Eril dapat tiba di Tanah Air pada Minggu (12/6). Adapun pemakaman dijadwalkan akan dilangsungkan pada Senin (13/6/2022).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x