Kompas TV nasional peristiwa

Diplomasi ala Jokowi, Gowes Bareng Hingga Hadiahi PM Australia PM Anthony Albanese Sepeda Bambu

Kompas.tv - 6 Juni 2022, 13:46 WIB
diplomasi-ala-jokowi-gowes-bareng-hingga-hadiahi-pm-australia-pm-anthony-albanese-sepeda-bambu
Presiden Jokowi dan PM Australia Anthony Albanese menggunakan sepeda menuju Restoran Restorasa, untuk melakukan pertemuan tatap muka (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

BOGOR, KOMPAS.TV- Ada yang menarik dilakukan Presiden Joko Widodo dalam rangkaian penyambutan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Presiden Joko Widodo mengajak, PM ke-31 Australia Anthony Albanese bersepeda menggunakan sepeda menuju Resto Raasaa.

Sepeda yang digunakan pun terbilang istimewa. Kedua pemimpin negara tersebut menggunakan sepeda bambu yang dirancang untuk digunakan di jalan raya.

Sepeda tersebut merupakan hasil karya Singgih S. Kartono dari Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Bertemu PM Anthony Albanese, Jokowi Sampaikan 5 poin Kerjasama Indonesia-Australia

PM Albanese mengaku, pengalaman bersepeda bersama Presiden Jokowi di taman botani adalah pengalaman yang luar biasa dan sebagai sebuah kehormatan besar.

“Selamat pagi, itu adalah pengalaman yang luar biasa dan saya menganggap sebagai kehormatan besar bahwa Presiden mengundang saya untuk naik sepeda bambu bersamanya ke tempat yang indah di taman botani ini,” kata PM Albanese.

Di samping itu, PM Albanese menilai kegiatan bersepeda bersama Presiden Jokowi juga menunjukkan persahabatan antara Australia dan Indonesia.

PM Albanese lebih lanjut mengungkapkan Presiden Jokowi bahkan menawarkan agar sepeda bambunya dibawa ke Australia.

“Presiden telah menawarkan kepada saya untuk membawa sepeda itu kembali ke Australia dan Anda akan melihat saya mengendarai sepeda bambu satu-satunya di Canberra,” ucapnya.

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Miliki Dua Pondasi Kuat Dalam Hubungan Bilateral dengan Australia

“Tapi itu adalah pengalaman yang luar biasa dan setiap kali saya naik sepeda, saya akan ingat persahabatan dengan Presiden Widodo,” tambah PM Albanese.

Usai bersepeda, Presiden Jokowi dan PM Albanese kemudian menggelar pembicaraan tete-a-tete di area taman batu putih Resto Raasaa, Kebun Raya Bogor, sekitar 30 menit. Setelah itu keduanya menggunakan mobil golf untuk melakukan pertemuan bilateral kedua negara.

Untuk diketahui, dalam pertemuan dengan PM Anthony Albanese, tidak hanya ada diplomasi sepeda bambu. Sebab, PM Anthony Albanese juga dilakukan aksi tanam pohon kamper di area Istana Kepresidenan Bogor.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x