Kompas TV nasional peristiwa

Pengendalian Banjir Jakarta Menang Ajang Internasional, Anies: Ini Bentuk Pengakuan Global

Kompas.tv - 2 Juni 2022, 14:10 WIB
pengendalian-banjir-jakarta-menang-ajang-internasional-anies-ini-bentuk-pengakuan-global
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diwawancarai Bloomberg TV, Minggu (15/5/22). (Sumber: Tangkapan Layar Instagram @aniesbaswedan)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan prestasi Jakarta yang menjadi juara pada ajang penghargaan dunia, The 2022 WSIS Prizes pada kategori ICT Applications: e-Science. 

"Jakarta menjadi juara karena membawa inovasi sistem pengendalian banjir yang membantu prediksi potensi bencana sebelum terjadi, dan mengoptimalkan pengendalian ketika terjadi bencana banjir," kaya Anies pada unggahan resmi Instagramnya @aniesbaswedan, Kamis (2/6/22). 

Baca Juga: Menerka Peluang Anies Diusung Gerindra-NasDem Setelah Pertemuan Prabowo dan Surya Paloh

Anies menjelaskan, sistem ini bekerja dengan mengumpulkan pengetahuan dan pengalaman para petugas ke dalam sistem informasi sehingga mempermudah dan mempercepat pengambilan keputusan dalam pengendalian banjir ke depan.

"Sistem ini adalah kerja berbagai pihak, di antaranya Dinas Sumber Daya Air, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Jakarta Smart City, dan juga kolaborasi dengan PT. XL Axiata dan SAS Institute," kata Anies.

Jakarta, lanjut dia, menjadi juara setelah mengungguli empat finalis lain yaitu ZTE Corporation dari Tiongkok, Biomedical Neuroscience Insititut dari Universitas Chili, Artificial Intelligence Laboratory dari Universitas Udinese di Italia, dan Universitas Putri Nora binti Abdul Rahman dari Arab Saudi.

Anies mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua yang telah bekerja sama dengan berkolaborasi membangun sistem ini. 

"Penghargaan yang diraih adalah bentuk pengakuan global terhadap inovasi, komitmen dan persistensi kita," kata dia. 

Baca Juga: Bagikan Momen Makan Malam Bersama Pembalap Formula E, Anies: Senang Bisa Ngobrol Leluasa

Sebagai informasi, WSIS, atau World Summit on the Information Society, adalah konferensi tingkat dunia tentang masyarakat informasi yang diselenggarakan oleh International Telecommunication Union (ITU), badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk teknologi komunikasi dan informasi.

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x