Kompas TV nasional peristiwa

Pencarian Eril Berlanjut, Pihak Keluarga Ridwan Kamil: Sudah Ikhlas Apapun yang akan Menjadi Takdir

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 12:27 WIB
pencarian-eril-berlanjut-pihak-keluarga-ridwan-kamil-sudah-ikhlas-apapun-yang-akan-menjadi-takdir
Emmeril Khan Mumtadz, anak Ridwan Kamil yang hilang saat berenang di sungai Aare, Bern, Swiss. (Sumber: Instagram @emmerilkahn)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

BANDUNG, KOMPAS.TV - Pencarian anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) masih terus dilakukan. Pada pencarian hari keenam, Selasa (31/5/2022), pihak keluarga menyatakan sudah ikhlas apapun yang menjadi takdir Eril.

"Dari pihak keluarga sudah ikhlas apapun nanti yang akan menjadi takdir dari Eril," kata Erwin Muniruzaman, kakak kandung Ridwan Kamil dalam keterangannya, Selasa (31/5/2022).

Selain itu, pihak keluarga juga mengatakan telah mengantisipasi berbagai skenario salah satunya dengan berkonsultasi dengan ulama guna mengetahui apa yang seharusnya dilakukan sesuai dengan syariat islam.

"Dari pihak keluarga sudah berkonsultasi dengan beberapa ulama seperti Ketua MUI Kyai Rachmat Syafei dan Ustaz Adi Hidayat untuk kami dapat mengetahui apa yang seharusnya dilakukan sesuai dengan syariat Islam terhadap apapun yang menjadi takdirnya Eril," tuturnya.

Walaupun demikian, Erwin mengatakan bahwa tim gabungan masih tetap mengoptimalkan pencarian Eril.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern melalui siaran resminya menyatakan Kepala Kepolisian Maritim Bern menyampaikan pencarian Eril, di sungai Aare, kota Bern hari ini, Rabu (1/6/2022) masih terfokus pada area di antara dua pintu air, serta patroli intensif pada wilayah setelah pintu air ke-2.

Baca Juga: Cari Eril, Ridwan Kamil dan Istri Cek Langsung Titik Potensial di Bantaran Sungai Aare

Diketahui, pada hari-hari sebelumnya, pencarian mencakup area dari Eichholz hingga Wohlensee, dan berfokus di antara pintu air Schwelenmaetelli dan Engehalde.

Pada pencarian di hari keenam ini, Polisi Maritim Bern memastikan berbagai komunitas di sepanjang bantaran sungai Aare telah terinformasikan dengan baik, untuk memperluas keterlibatan unsur masyarakat dalam upaya pencarian.

"Seperti Klub Pendayung, Klub Pemancing, dan komunitas berkebun,"  tulis KBRI Bern seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (1/6).

Keterangan tersebut disampaikan langsung Kepala Kepolisian Bern kepada Ridwan Kamil dan sang Istri, Atalia di salah satu rumah kapal di wilayah Wohlensee.

Selain itu, KBRI Bern juga menginformasikan, Ridwan Kamil dan Atalia turut menyusuri sepanjang Sungai Aare untuk mencari keberadaan sang putra. 

"Selain terus memantau secara dekat pencarian oleh Polisi Maritim, orang tua Sdr. Eril, Bapak Ridwan Kamil beserta Ibu Atalia, juga terus melakukan usaha mandiri untuk memeriksa langsung beberapa titik-titik potensial di sepanjang bantaran sungai Aare," bunyi keterangan tertulis KBRI Bern seperti dilihat Rabu (1/6/2022).

Adapun rute yang ditempuh oleh Ridwan Kamil dan sang istri termasuk rute darat dan beberapa wilayah perairan yang masih aman untuk dijelajahi manusia.

Sementara itu, Polisi Maritim Bern masih akan melanjutkan pencarian intensif dengan metode yang sama dengan sebelumnya, yakni patroli darat, perahu, drone.

Sementara keputusan menggunakan penyelam sangat situasional karena kondisi alam yang tidak menentu.

Baca Juga: Foto-Foto Terbaru Ridwan Kamil pada Pencarian Eril di Swiss Hari Keenam



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x