Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Dapat Gelar dari Masyarakat Ende: Pemimpin Wilayah Indonesia Sabang-Merauke

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 09:08 WIB
jokowi-dapat-gelar-dari-masyarakat-ende-pemimpin-wilayah-indonesia-sabang-merauke
Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Rabu (1/6/2022). (Sumber: Sekretariat Presiden)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

ENDE, KOMPAS.TV - Masyarakat Ende menganugerahkan gelar kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai penyelenggaraan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2022, Rabu (1/6/2022).

Gelar yang diberikan kepada Jokowi adalah "Mosolaki Ulu Beu Eko Bewa, Ulu Rembe Eko Mapa" yang berarti Pemimpin Wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Kepala Negara diketahui menerima gelar adat ini di rumah adat Ende. Pemberian gelar ini merupakan sambutan dan kebanggaan masyarakat Ende atas kedatangan pemimpin.

Baca Juga: Jokowi: Kita Semua Sepakat untuk Berlandaskan pada Pancasila, Harus Betul-Betul Diamalkan

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat NTT, khusunya masyarakat Ende yang telah menerima saya, Bu Iriana dan seluruh rombongan sejak awal datang ke sini sampai sekarang diterima dengan penuh kehangatan," tuturnya dikutip dari siaran langsung Sekretariat Presiden, Rabu.

Presiden beserta Iriana Joko Widodo kemudian menyempatkan untuk bertemu dan menyapa para perajin kain tenun tradisional Ende. Jokowi mengatakan kehadiran mereka disambut hangat oleh masyarakat Ende.

Ia melanjutkan, kehangatan masyarakat Ende menurutnya juga menginspirasi Presiden pertama Indonesia Sukarno dalam merumuskan pijakan dasar negara.

"Kenapa Bung Karno memiliki pemikiran dan renungan-renungan mengenai Pancasila yang dimulai dari Ende, karena saya merasa beliau merasakan kehangatan masyarakat yang selalu dekat dengan pemimpinnya," tutur Jokowi.

Baca Juga: Cerita Mistis Penjaga Serambi Bung Karno di Ende, Kalau Malam Hari Serasa Ada yang Duduk

Dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Ragi Lambu-Luka Lesu dan membuka amanat dengan salam Pancasila.

Sementara Iriana Joko Widodo tampak mengenakan kain motif tradisional Ende berwarna ungu tua.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x