Kompas TV nasional update

Pencarian Anak Ridwan Kamil Belum Buahkan Hasil, MUI Jabar Imbau Gelar Salat Gaib, Sesuai Tuntunan

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 20:47 WIB
pencarian-anak-ridwan-kamil-belum-buahkan-hasil-mui-jabar-imbau-gelar-salat-gaib-sesuai-tuntunan
Sejumlah warga Jawa Barat berdoa bersama untuk keselamatan putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz. (Sumber: Biro Adpim Jabar via Tribunnews.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat menganjurkan warga melakukan salat gaib untuk putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris MUI Jabar Rafani Akhyar mengingat pencarian terhadap Emmeril di Sungai Aare, Bern, Swiss yang belum membuahkan hasil.

Hingga saat ini, pencarian sudah memasuki hari keenam sejak Eril (sapaan Emmeril-red) dilaporkan hilang Kamis (26/5/2022).

Baca Juga: Ridwan Kamil Sempat Tanyakan Hal Ini ke Tim SAR Terkait Pencarian Emmeril

"Kalau memang belum ada kepastian hingga enam hari belum ditemukan. Sebaiknya memang bisa dilaksanakan salat gaib. Itu tuntunannya," katanya Selasa (31/5/2022).

Menurutnya, pelaksanaan salat gaib bukan untuk mendahului nasib Eril yang belum mendapatkan titik terang. Tapi juga bagian dari ikhtiar dan menolongnya.

"Untuk menolong yang bersangkutan dari sisi keagamaan kita bisa segerakan salat gaib. Ini sesuai tuntunan agama. Salat gaib ini kan mendoakan," ujarnya.

Sejak awal MUI Jabar sudah mengimbau pada warga dan MUI kabupaten/kota untuk menggelar doa bersama agar Emmeril bisa segera ditemukan dan berkumpul kembali dengan keluarga dalam keadaan selamat.

Rafani juga mengatakan, MUI Jabar dan kabupaten/kota bersama Wakil Gubernur Jabar, pejabat eselon II dan keluarga menggelar doa bersama di Gedung Negara Pakuan.

MUI juga terus menghimbau agar warga memberikan dukungan dan empati kepada Ridwan Kamil dan keluarga, agar Emmeril ditemukan dalam keadaan baik.

Keluarga Ridwan Kamil ikhlas

Sementara, keluarga besar Ridwan Kamil menyatakan sudah ikhlas terkait kondisi Eril.

Erwin Muniruzaman, kakak kandung Ridwan Kamil, mengatakan, pihak keluarga terus berdoa untuk keselamatan Eril dan sudah ikhlas dengan apa pun takdir yang dialami Eril.

"Untuk itu memang dari pihak keluarga itu sudah ikhlas apapun yang nanti akan menjadi takdir dari A Eril," kata Erwin di Gedung Pakuan, Selasa (31/5).

Ia mengatakan, mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dialami Eril, pihak keluarga telah berkonsultasi dengan para ulama.

Baca Juga: Tersebar di Twitter, Poster Pencarian Emmeril Khan Mumtadz Dibuat dalam Bahasa Swiss

"Kemudian untuk antisipasi berbagai skenario tersebut, memang dari pihak keluarga sudah berkonsultasi dengan beberapa ulama,” tuturnya.

Hal itu, kata dia, untuk mempersiapkan apa yang seharusnya dilakukan sesuai dengan syariat Islam terhadap apa pun yang menjadi takdir.

Menurutnya, selain keluarga besar yang sudah menyatakan ikhlas dengan apapun takdir Eril, keikhlasan pun sudah dinyatakan orang tua Eril.

"Tapi memang dari pihak keluarga, Kang Emil dan Teh Lia, dan keluarga besar juga yang ada di sini, kami sudah ikhlas apapun yang nanti menjadi takdirnya A Eril, yang mungkin setelah pencarian hari keenam itu kita bisa ketahui," katanya.



Sumber : Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x