Kompas TV nasional kriminal

Anggota KKB Lerinus Murib Tewas Ditembak di Ilaga, Polisi Ungkap Daftar Kejahatannya

Kompas.tv - 30 Mei 2022, 18:24 WIB
anggota-kkb-lerinus-murib-tewas-ditembak-di-ilaga-polisi-ungkap-daftar-kejahatannya
Ilustrasi senjata ilegal milik Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang bergerak di Papua. (Sumber: Dok Kapen Kogabwilhan III)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan

PAPUA, KOMPAS.TV - Seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB), Lerinus Murib, tewas saat kontak tembak di Ilaga, Kabupaten Puncak, Jumat (27/5/2022) lalu.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri membenarkan hal itu.

Berdasarkan informasi yang diterima Kapolda, Lerinus ditembak saat hendak mencoba menembak anggota yang sedang berjaga di Lapangan Trikora yang menjadi tempat pelaksanaan bakar batu.

"Lerinus sempat mengeluarkan senjata yang dibawanya dan saat berupaya menembak anggota yang sedang berjaga diketahui rekannya sehingga terjadi baku tembak dan menewaskannya. Jenazahnya langsung dibawa dan dimakamkan secara tradisional," kata Fakhiri, Senin (30/5/2022).

Ia mengatakan Lerinus Murib merupakan anak buah Titus Murib. Lerinus terlibat dalam sejumlah aksi kekerasan yang dilakukan KKB.

Baca juga: Seorang Anggota KKB Menyamar dan Coba Tembak Aparat, Gagal karena Target Dengar Suara Kokang Senjata

Fakhiri menyebutkan Lerinus terlibat aksi pembakaran tiga sekolah, yakni SD, SMP, dan SMA di Kampung Julukoma, Distrik Bioga, pada tanggal 8 April. 2021.

Kemudian, ia juga erlibat aksi pembunuhan tanggal 4 Juni 2021 di Kampung Niporolome, Kabupaten Puncak, yang mengakibatkan lima warga meninggal di antaranya Kepala Kampung Niporolome Patianus Kogoya, Petena Murib (perempuan), dan Nelius Kogoya.

Lalu, 27 Januari 2022, terlibat kontak tembak dengan anggota TNI Yonif R 408/SBH di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, yang mengakibatkan tiga anggota TNI meninggal, yakni Pratu Rahman, Serda Rizal, dan Pratu Baraza.
 
Selanjutnya, pada 1 Maret 2022, terlibat pembantaian karyawan dan warga sipil yang berada di Kamp Palapa Timur Telematika (PTT), Distrik Beoga, mengakibatkan delapan orang meninggal.

Baca juga: 450 Pasukan Raider 600 Modang Diberangkatkan Lawan KKB Papua

Terakhir, pada 22 April 2022 terlibat pembakaran Kantor dan Aset PT Martha Tunggal Teknik (MTT) di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x