Kompas TV nasional peristiwa

Ratusan Pelayat Bergantian Salatkan Jenazah Buya Syafii Maarif, Ada Mahfud MD

Kompas.tv - 27 Mei 2022, 14:37 WIB
ratusan-pelayat-bergantian-salatkan-jenazah-buya-syafii-maarif-ada-mahfud-md
Menko Polhukam Mahfud MD menyolatkan jenazah Ahmad Syafii Maarif di Masjid Kauman, Yogyakarta, Jumat (27/5/2022). (Sumber: Nadia Intan F/Kompas.tv)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ratusan pelayat menyalatkan jenazah Ahmad Syafii Maarif di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta Jumat siang (27/5/2022).

Selepas menunaikan ibadah Salat Jumat, Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Budi Setyawan langsung menjadi imam salat jenazah tokoh Muhammadiyah tersebut.

Tak lama setelah salat jenazah yang pertama kali itu berakhir, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menjadi imam salat jenazah selanjutnya.

Baca Juga: Kenang Buya Syafii Maarif, Jokowi: Selamat Jalan Sang Guru Bangsa

Mahfud mengatakan bahwa Buya Syafii merupakan tokoh yang selalu berpikir untuk kepentingan bangsanya sampai saat-saat terakhir.

"Mudah-mudahan bapak Safii mendapat tempat yang layak di sisi-Nya sesuai dengan amal-amal yang sangat baik dipersembahkannya untuk bangsa dan negara," kata Mahfud. 

Ia juga mengajak semua orang yang mencintai Buya Syafii untuk melanjutkan ilmu yang telah diajarkan almarhum semasa hidup.

"Saya kira kita semua yang mencintai Pak Syafii Maarif perlu melanjutkan ilmunya dalam kehidupan bersama berbangsa dan bernegara yang rukun, bersatu, yang saling membantu dalam prinsip hubungan antarmanusia," kata Mahfud.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo, yang juga hadir di Masjid Gedhe Kauman bersama jajarannya, mengatakan bahwa bangsa Indonesia telah kehilangan salah satu tokoh bangsa yang akrab dipanggil Buya Safii tersebut.

"Semoga apa yang menjadi pesan beliau bisa terus kita lanjutkan, sehingga bangsa ini bisa terus menjadi lebih baik," kata Kapolri.

Kapolri juga berharap agar semua proses hingga pemakaman Buya Syafii berjalan dengan lancar. 

"Semoga semua amanah dan teladan beliau tentunya menjadi kewajiban bagi kita semua untuk terus melanjutkan," ucap Kapolri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x