Kompas TV nasional rumah pemilu

Pilpres 2024 Berlangsung di Musim Hujan, Penggunaan Kotak Suara Kardus Dinilai Rawan Rusak

Kompas.tv - 23 Mei 2022, 07:29 WIB
pilpres-2024-berlangsung-di-musim-hujan-penggunaan-kotak-suara-kardus-dinilai-rawan-rusak
Ilustrasi: kotak suara Pilkada. (Sumber: KOMPAS/MAHDI MUHAMMAD)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV-  Pemilihan Presiden 2024 akan berlangsung pada 14  Februari mendatang. Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta Komisi II DPR RI agar mengkaji penggunaan kotak suara berbahan kardus dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 tersebut. 

Sebab, menurutnya, Pemilu 2024 yang diselenggarakan pada Februari 2024 yang biasanya masih musim hujan. Sehingga, berpotensi mengakibatkan kerusakan material kotak suara tersebut.

"Kami akan meminta komisi teknis dalam hal ini Komisi II untuk mengkaji," kata Dasco di Jakarta, Sabtu (21/5/2022) dikutip dari situs dpr. go.id. 

Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) ini menekankan pentingnya keamanan kertas suara di dalam kotak berbahan kardus. Dia mempertanyakan daya tahan kotak suara di tengah cuaca hujan.

Baca Juga: Pilpres 2024, Presiden Joko Widodo Meminta Relawan Projo Bersabar!

"Apakah dari segi keamanan itu memenuhi syarat keamanan, mengingat bulan Februari (saat Pemilu digelar) masih dalam masa hujan," tambah politisi Partai Gerindra ini. Jika pengkajian dapat memastikan keamanan kertas suara, Dasco mempersilakan kotak kardus tetap dipakai. Jika tidak, maka mesti dipikirkan material pengganti.

 
Kata Dasco, apabila setelah dilakukan pengkajian ternyata kotak suara berbahan kardus itu aman, maka silahkan saja KPU menggunakannya lagi dalam Pemilu nanti. "Apabila kemudian bahan karton (kardus) tersebut dirasakan aman saya pikir silahkan saja, tapi perlu kita kaji," ujar legislator dapil Banten III tersebut.

Baca Juga: Koalisi Indonesia Bersatu Terbuka Usung Capres dari Nonparpol di Pilpres 2024

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari memastikan pihaknya masih menggunakan kotak suara kardus di Pemilu 2024. Dia menilai penggunaan kotak kardus lebih efisien dibanding yang berbahan alumunium. “Masih digunakan, saya pastikan masih digunakan. Cara berpikirnya begini, kalau yang alumunium, itu hitungannya aset negara,” katanya kepada media, Rabu (18/5/2022).

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x