Kompas TV nasional peristiwa

Mendagri Tito Karnavian Buka-bukaan Proses Penunjukan 5 Penjabat Gubernur

Kompas.tv - 12 Mei 2022, 12:59 WIB
mendagri-tito-karnavian-buka-bukaan-proses-penunjukan-5-penjabat-gubernur
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. (Sumber: ANTARA/HO-Puspen Kemendagri)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memastikan penunjukkan lima penjabat (Pj) Gubernur yang dilantik pada hari ini, Kamis (12/5/2022) dilakukan secara demokratis.

"Jadi terjadi mekanisme yang cukup demokratis melalui sidang tersebut. Dari hasil penilaian sidang, beberapa calon yang dihasilkan bapak-bapak ini terpilih," kata Tito usai pelantikan 5 Pj Gubernur. 

Menurut dia, tahapan penentuan Pj gubernur dilakukan dengan sangat selektif.

Sebelumya, kata Tito, nama-nama calon penjabat yang diusulkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melalui penjaringan dari Kementerian/Lembaga hingga tokoh masyarakat.

"Kami melakukan penjaringan nama-nama calon dari kementerian/lembaga, juga masukan dari tokoh-tokoh masyarakat, suara-suara lembaga-lembaga masyarakat seperti misalnya dalam Papua Barat [ada] Majelis Rakyat Papua Barat mengajukan nama-nama, juga di Banten, dan lain-lain," ujarnya. 

Usai menjaring nama-nama dari berbagai pihak, tahapan dilanjutkan dengan mengajukan nama-nama tersebut ke Jokowi.

Presiden kemudian langsung menggelar sidang dengan Tim Penilai Akhir (TPA), yang juga terdiri dari pihak Kementerian/Lembaga terkait.

Baca Juga: Mendagri Tito Karnavian Resmi Lantik Pj Gubernur untuk 5 Provinsi

"Bapak Presiden melaksanakan sidang yang dipimpin Bapak Presiden, yang diikuti sejumlah menteri dan kepala lembaga," ucap dia. 

Lebih lanjut, Tito mengatakan, berdasarkan hasil sidang, kelima Pj inilah yang akhirnya terpilih.

Seperti diketahui, Tito Karnavian resmi melantik lima orang penjabat gubernur di lima provinsi pada Kamis pagi.

Lima Pj yang telah resmi dilantik yakni, Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar sebagai Pj Gubernur Banten, Dirjen Mineral dan atubara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin sebagai Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, dan Dirjen Otonomi Daerah Kemeneagri Akmal Malik sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat.

Kemudian, Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kemenpora Hamka Hendra Noer sebagai Pj Gubernur Gorontalo dan Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kemendagri Paulus Waterpauw sebagai Pj Gubernur Papua Barat.

Pelantikan lima pj gubernur ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 50/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Baca Juga: Lantik 5 Pj Gubernur, Tito Karnavian: Masa Jabatan Paling Lama 1 Tahun



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x