Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini 39.300 Orang Tiba di Stasiun Area Daop 1 Jakarta

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 13:57 WIB
hari-ini-39-300-orang-tiba-di-stasiun-area-daop-1-jakarta
Situasi ruang tunggu Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2022). (Sumber: Baitur Rohman/Kompas.tv)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 39.300 orang tiba di stasiun area Daop 1 Jakarta pada Jumat (6/5/2022).

Adapun, puluhan ribu penumpang itu tersebar di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, dan Cikampek.

"Untuk Jumat 6 Mei 2022 terdapat sekitar 39.300 penumpang yang datang di area daop 1 Jakarta. Berdasarkan data kedatangan pada masa Angkutan Lebaran untuk Daop 1 Jakarta volume penumpang datang mengalami kenaikan tertinggi pada tanggal 5 sampai dengan 6 Mei 2022," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Jumat (6/5/2022). 

Baca Juga: Arus Balik, Pemudik Mulai Padati Terminal dan Stasiun

Ia menyebut, kedatangan penumpang masih mengalami peningkatan hingga Selasa (10/5/2022).

Adapun sejak Rabu (4/5/2022) hingga hari ini, terdapat 111.700 penumpang yang tiba di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, dan Cikampek.

"Daop 1 Jakarta memastikan bahwa seluruh penumpang yang tiba telah memenuhi persyaratan untuk perjalanan penumpang kereta api karena telah dilakukan pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan, sehingga pada saat tiba di stasiun tujuan penumpang tidak melalui proses pemeriksaan berkas kembali," ujarnya. 

Ia menjelaskan, pihaknya telah menempatkan sejumlah petugas baik di area peron dan hall untuk membantu mengarahkan penumpang yang tiba agar tidak berkerumun di satu lokasi tertentu saat akan menunggu penjemputan. 

Selain itu, sejumlah petugas juga akan melakukan pemeriksaan ulang pada kereta api yang tiba untuk memeriksa dan memastikan tidak ada barang penumpang yang tertinggal. 

"Daop 1 Jakarta mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang datang agar memeriksa kembali seluruh barang bawaannya sebelum turun dari kereta untuk menghindari risiko barang tertinggal," kata dia. 

Sementara untuk volume penumpang berangkat dari area Daop 1 Jakarta saat ini juga terbilang masih cukup tinggi.

Hari ini, di Stasiun Gambir terdapat 36 kereta api beroperasi, dari jumlah tersebut 8 di antaranya merupakan kereta tambahan.

Adapun Volume penumpang berangkat sebanyak 10.000.

Baca Juga: 33.400 Penumpang Kereta Api Berangkat dari Stasiun Gambir dan Senen di Hari Lebaran

"Untuk Stasiun Pasar Senen terdapat 29 kereta api beroperasi, 2 di antaranya merupakan kerta tambahan. Volume penumpang berangkat sebanyak 15.400." 

"Data tersebut hanya jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen jika ditambah dengan penumpang yang naik juga dari Bekasi, Karawang, Cikarang, Cikampek, dan Jakarta Kota maka secara total terdapat 25.400 penumpang yang berangkat dari Daop 1 Jakarta pada hari ini," katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x