Kompas TV nasional peristiwa

Kereta Api Berkapasitas 5.600 Orang Per Hari Tersedia di Pelabuhan Merak Selama Arus Balik Lebaran

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 06:34 WIB
kereta-api-berkapasitas-5-600-orang-per-hari-tersedia-di-pelabuhan-merak-selama-arus-balik-lebaran
Ilustrasi perjalanan kereta api. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sediakan kereta api dengan kapasitas 5.600 orang per hari dari Pelabuhan Merak selama periode arus balik Lebaran 2022.

Menurut Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kemenhub Edi Nursalam, setiap sekali perjalanan bisa menampung sebanyak 800 pemudik.

“Sekali perjalanan itu bisa menampung 800 orang. Dengan kapasitas 7 kali perjalanan per hari, kapasitasnya menjadi 5.600 orang per hari. Itu yang kami siapkan,” kata Edi seperti dikutip Antara, Jumat (6/5/2022).

Ia menyebut, kereta api merupakan transportasi alternatif bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi (Jabodetabek).

Baca Juga: Libur Lebaran, Warga Berbondong-bondong Serbu Tempat Wisata

Adapun terkait pembelian tiket, Edi mengungkapkan bahwa sebagian besar penumpang telah membeli tiket kereta api secara online.

Sementara tarifnya hanya Rp3.000 dan pemudik bisa tiba di Jabodetabek tanpa kemacetan.

Akan tetapi, kata dia, yang menjadi permasalahan bagi penumpang adalah letak stasiun kereta api yang berlokasi di depan Dermaga 1, 2, dan 3.

Padahal, tutur Edi, Pelabuhan Merak memiliki 7 dermaga. Begitu penumpang turun di Dermaga 6 atau 7, maka penumpang harus naik ojek ke stasiun kereta api karena lokasinya cukup jauh.

Untuk diketahui, PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry memprediksi puncak arus balik di Pelabuhan Merak, Banten akan terjadi pada tanggal 7-8 Mei 2022.

Untuk menghindari kepadatan di pelabuhan, PT ASDP meminta kepada para pemudik agar menghindari keberangkatannya pada saat puncak arus balik.

"Kepada pengguna jasa kami ingatkan kembali, agar mengatur jadwal kepulangan dengan baik dan hindari perjalanan saat puncak arus balik yang diprediksi pada tanggal 7 dan 8 Mei 2022 (H+4 dan H+5)," kata Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi melalui keterangan tertulisnya, Selasa (3/5/2022).

Baca Juga: Arus Balik H+2, Ada 10 Ribu Kendaraan per Jam yang Masuk Jakarta Lewat Tol Jakarta-Cikampek




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x