Kompas TV nasional peristiwa

KSP Sebut Skema Menuju Endemi Covid-19 Tunggu Evaluasi Mudik Lebaran 2022

Kompas.tv - 5 Mei 2022, 10:09 WIB
ksp-sebut-skema-menuju-endemi-covid-19-tunggu-evaluasi-mudik-lebaran-2022
Penentuan skema menuju endemi Covid-19 masih menunggu hasil evaluasi pasca-periode mudik Lebaran 2022 ini. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Andreas Fitri Atmoko)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo merespons terkait beredarnya informasi bahwa pemerintah telah mempersiapkan transisi perubahan status pandemi menjadi endemi Covid-19.

Abrahaham menegaskan, penentuan skema menuju endemi Covid-19 masih menunggu hasil evaluasi pasca-periode mudik Lebaran 2022 ini. 

"Untuk skema menuju endemi pemerintah masih akan menunggu evaluasi beberapa minggu pasca mudik Lebaran," kata Abraham dalam keterangan pers, Kamis (5/5/2022).

"Kita berharap tidak akan terjadi lonjakan lagi seperti di negara lain," ujarnya.

Kendati demikian, dia mengatakan, apabila lonjakan kasus Covid-19 terjadi, pemerintah tentutnya akan bersiap mengantisipasinya. 

Di sisi lain, Abraham mengakui, selama tujuh minggu terakhir, tepatnya sejak 24 Maret hingga 4 Mei 2022, kasus Covid-19 di tanah air sudah terkendali.

Hal itu terbukti dari data Reproduction Rate (Rt) yang konsisten di angka 1.

Selain itu, lanjut dia, jumlah penambahan kasus positif Covid-19 per hari juga terus melandai.

Baca Juga: Tak Tergesa-Gesa dan Bertahap, Jadi Fokus Indonesia Bersiap Hadapi Masa Transisi Menuju Endemi

"Per 3 Mei 2022, 107 kasus per hari, angka kematian 18 per hari, dan angka kasus aktif tinggal 6.951," ujarnya.

Meski beberapa indikator menunjukkan perbaikan, Abraham menenkankan pemerintah tidak terburu-buru menurunkan status pandemi menjadi endemi.

"Suatu hal yang patut kita syukuri dan apresiasi kepada nakes, TNI/Polri, dan satgas yang terus mengingatkan protokol kesehatan," kata Abraham. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menuturkan masa transisi dari situasi pandemi Covid-19 ke endemi masih ada sekitar 6 bulan lagi.

Masa transisi tersebut akan digunakan untuk menentukan kebijakan selanjutnya.

Hal ini disampaikannya, dalam keterangan pers seusai meninjau proyek pembangunan sirkuit formula E Ancol, 25 April 2022 lalu.

“ Kita tidak ingin kaya negara negara lain yang langsung buka masker, ndak, ini masih ada transisi kira-kira 6 bulan, kita liat seperti apa baru nanti silahkan kalau yang di luar ruangan buka masker, kalau yang di dalam ruang masih tetap pakai masker, ada tahapan-tahapan yang kita tidak perlu tergesa-gesa,” ucap Jokowi. 

Baca Juga: Jokowi Sebut Transisi Pandemi ke Endemi Masih 6 Bulan Lagi, Waspada Penularan Covid-19 saat Lebaran

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x