Kompas TV nasional update

Anies Instruksikan Revitalisasi Pasar Gembrong yang Kebakaran Mulai Pekan Depan

Kompas.tv - 3 Mei 2022, 15:43 WIB
anies-instruksikan-revitalisasi-pasar-gembrong-yang-kebakaran-mulai-pekan-depan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Pasar Gembrong, Jakarta TImur, Senin (2/5/2022). (Sumber: Instagram: aniesbaswedan)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV -Unggahan akun Instagram pribadi Anies Baswedan menunjukkan adanya instruksi dari Gubernur DKI Jakarta itu agar jajaran dinas terkait mulai mempersiapkan revitalisasi Pasar Gembrong, Jakarta Timur pada pekan depan. 

"Insya Allah pengerjaan revitalisasi kawasan ini segera dilaksanakan secara estafet mulai minggu depan, dengan menggelar koordinasi serta kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari Basnas Bazis DKI, Forkompinda, perwakilan warga, juga pihak swasta," pernyataan yang tertulis di akun instagram Anies tanpa menjelaskan ihwal detail waktu pasti revitalisasi, Selasa (3/5/2022). 

Baca Juga: Tangis Korban Pasar Gembrong Lebaran di Pengungsian: Kalau Orang Enggak Ngasih Enggak Makan

Revitalisasi itu, sesuai penjelasan dalam akun itu, akan mengedepankan bangunan yang sesuai dengan kontur kawasan, memenuhi ketersediaan peralatan pemadam api ringan, ramah lingkungan dan sesuai dengan kebutuhan warga. 

"Dengan demikian, warga yang terdampak kebakaran, dapat kembali menempati hunian yang lebih baik."

Selain revitalisasi fisik bangunan, ke depan Pemprov DKI juga akan mendampingi warga untuk memahami konsep lingkungan yang sehat dan asri. 

"Seperti sanitasinya, pencahayaan, ketersediaan sumur resapan, mitigasi kebencanaan dan faktor manajemen lingkungannya. Sehingga saat mereka menempati kawasan yang sudah direvitalisasi, mereka memiliki gaya hidup dan kebiasaan baru, khususnya untuk mencegah kejadian serupa terulang lagi."  

Baca Juga: Kunjungi Pasar Gembrong, Anies Penuhi Kebutuhan Dasar Hingga Bantuan Modal Bagi Para Pedagang

Tak hanya itu, Pemprov DKI juga telah memberikan bantuan kepada seluruh korban kebakaran Pasar Gembrong, Jakarta Timur. Hal ini untuk mengobati kesedihan mereka dalam merayakan momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Kemarin kami juga memberikan bantuan berupa makanan cepat saji, yakni sejumlah paket nasi biryani untuk mereka. Walaupun tidak seberapa, Insya Allah dengan ini warga bisa merasakan santapan yang enak untuk Lebaran."  

Seperti diketahui, Pasar Gembrong, Jakarta Timur, dilalap api pada Minggu (24/4/2022) malam. Kerugian materiil diperkirakan hingga Rp 2 miliar berdasarkan keterangan Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI).

Wakil Sekretaris Jenderal IKAPPI Ahmad Choirul Furqon saat dihubungi, Senin (25/4/2022), menyebut selain kerugian materiil mencapai Rp2 miliar, seribu penduduk juga terdampak.

Baca Juga: Momen Anies Peluk dan Hibur Warga Korban Kebakaran Pasar Gembrong

"Dari pantauan kami terakhir, kerugian ditaksir Rp 1,5 miliar sampai Rp 2 miliar akibat dari kebakaran tadi malam. Adapun yang terdampak setidaknya seribu penduduk dan 5 RT," kata dia, dikutip Tribunnews.com.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x