Kompas TV nasional peristiwa

Hari Kedua Lebaran Kendaraan Menuju Puncak Bogor Meningkat, Catatan Sementara Ada 21 Ribu Kendaraan

Kompas.tv - 3 Mei 2022, 15:30 WIB
hari-kedua-lebaran-kendaraan-menuju-puncak-bogor-meningkat-catatan-sementara-ada-21-ribu-kendaraan
Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Dicky Pranata menjelaskan, sejak pukul 05.00 WIB, hingga 12.00, Selasa (3/5/2022), sudah 21 ribu kendaraan yang memasuki kawasan wisata Puncak. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 21 ribu kendaraan masuk ke kawasan wisata Puncak Bogor, Jawa Barat. Jumlah kendaraan tersebut diprediksi akan terus bertambah.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Dicky Pranata menjelaskan, di hari pertama Lebaran, Senin (2/5/2022), volume kendaraan menuju Puncak tidak terlalu padat dan bisa diatasi tanpa ada rekayasa lalu lintas. 

Namun di hari kedua Lebaran ini, dari catatannya sejak pukul 05.00 hingga 12.00 WIB, Selasa (3/5/2022), sudah 21 ribu kendaraan yang memasuki kawasan wisata Puncak.

Baca Juga: Tidak Jadi Ganjil Genap, Jalur Kendaraan Jadi Satu Arah untuk Urai Kemacetan di Kawasan Puncak

Menurutnya, angka tersebut akan terus bertamah seiring waktu. Dicky memprediksi, kendaraan yang masuk kawasan wisata Puncak bisa mencapai 30 ribu kendaraan.

"Sesuai prediksi kami, arus kendaran pada hari kedua Lebaran ini ada peningkatan yang cukup signifikan. Oleh karena itu kami terapkan one way," ujar Dicky saat ditemui reporter KOMPAS TV, Selasa.

Dicky menambahkan, pihaknya sudah memberlakukan rekayasa lalu lintas menggunakan sistem one way untuk mengurai kepadatan di kawasan Puncak.

Menurut Dicky, sistem ini sudah diberlakukan sejak pukul 07.00 WIB dari arah Jakarta ke Puncak. Pada pukul 12.00 WIB juga sudah diberlakukan arah sebaliknya, yaitu dari Puncak menuju Jakarta.

Baca Juga: Jakarta hingga Bogor, Warga Lokal dan Wisatawan Penuhi Kawasan Wisata di Momen Libur Lebaran!

Namun, sistem akan dilakukan kembali jika volume kendaraan menuju Puncak mengalami peningkatan.

"Kami sudah siapkan 175 personel, kami libatkan dan tempatkan di jalur Pucak ditambah empat pos pengamatan di sepanjang jalur untuk mengantisipasi dan melakukan penguraian arus kemacetan," ujar Dicky.

Dicky menjelaskan, pihaknya tidak memilih opsi untuk melakukan ganjil genap lantaran arus kendaraan sedang tinggi. Opsi satu jalur juga akan dilakukan jika arus kendaraan dari maupun menuju Puncak, mengalami peningkatan.

Polres Bogor disebut sudah memprediksi dan mengantisipasi kepadatan lalu lintas yang akan terjadi. 

Baca Juga: Tol Cipali Kembali Dipadati Pemudik Pada Hari Ke-2 Lebaran

"Antisipasi kami, mengingat Puncak adalah kasawan wisata, memang kepadatan akan terjadi hingga akhir Minggu, jadi kami sudah standby menyiapkan diri melakukan pengamanan jalur kawasan wisata Puncak," ujar dia.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x