Kompas TV nasional peristiwa

Cegah Macet di Puncak saat Libur Lebaran, Satlantas Polres Bogor Siapkan Jalur Alternatif

Kompas.tv - 30 April 2022, 10:35 WIB
cegah-macet-di-puncak-saat-libur-lebaran-satlantas-polres-bogor-siapkan-jalur-alternatif
Ilustrasi. Kepadatan kendaraan di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Senin, 28 Februari 2022. (Sumber: Antara)
Penulis : Dian Septina | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mengantisipasi kepadatan kendaraan selama libur Lebaran 2022 di jalur Puncak, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor menyiapkan jalur alternatif terutama bagi masyarakat yang menuju atau kembali dari Bandung.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan jalur alternatif tersebut dibuat agar masyarakat tidak perlu melalui Jalur Puncak.

“Kami menyiapkan jalur alternatif yang dilalui masyarakat untuk menuju atau kembali dari Bandung tanpa melalui Jalur Puncak yang diprediksi akan padat saat arus mudik atau arus balik,” ujar Dicky di Simpang Gadog, Jumat (29/4/2022), dilansir dari website resmi NTMC Polri.

Baca Juga: H-4 Lebaran Jadi Puncak Arus Mudik di Bandara Soekarno Hatta, Total Pergerakan Pesawat 1.054 Flight

Kata Dicky, salah satu alternatif yakni melalui Kabupaten Bogor wilayah Timur. Mulai dari Jonggol, Cariu, Cileungsi, Cibubur, bahkan melalui Sukabumi.

“Nantinya arus tersebut dapat diambil ketika melintas di Cianjur,” sambungnya.

Terkait rekayasa lalu lintas, Dicky menegaskan, akan tetap dilaksanakan sistem ganjil-genap kendaraan bermotor pada akhir pekan, serta satu hari sebelum hari raya Idulfitri pada Senin (2/5/2022).

“Kemudian ada sistem satu arah atau one way situasional. Dan ada contraflow di tol apabila ada kepadatan di tol,” jelas Dicky.

Baca Juga: Hati-Hati di Jalan, Puncak Mudik Diprediksi Terjadi Mulai Hari Ini 29 April 2022

Sebelumnya, dilansir dari Kompas.com pada Rabu, 20 April 2022, Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata menyebut pihaknya juga menyiapkan konsep pembatasan kendaraan besar seperti bus dan truk yang melintasi jalur alternatif kawasan Puncak.

Menurutnya, kemacetan yang terjadi di jalur alternatif sekitaran Puncak salah satunya disebabkan oleh bus dan truk yang lebarnya hampir sama dengan ruas jalan.

"Oleh sebab itu perlu adanya aturan pembatasan bus dan truk yang ke jalur alternatif Puncak, dengan memasang rambu di simpang jalur alternatif," katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x