Kompas TV nasional berita utama

Malam Ini Puncak Arus Mudik, PT ASDP Optimalkan Kapal Berukuran Besar

Kompas.tv - 28 April 2022, 18:52 WIB
malam-ini-puncak-arus-mudik-pt-asdp-optimalkan-kapal-berukuran-besar
Sebuah kapal ferry milik PT ASDP Indonesia Ferry yang akan mengangkut pemudik (Sumber: PT ASDP Indonesia Ferry)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS. TV – PT ASDP Indonesia Ferry akan mengoptimalkan pengoperasian kapal berukuran besar. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada Kamis (28/4/2022) malam ini.

Hal ini disampaikan Corporate Secretary PT ASDP Shelvy Arifin, Kamis (28/4/2022).

Shelvy mengatakan, sejak H-9 Lebaran pekan lalu arus kendaraan dan penumpang yang menyeberang dari Merak menuju Bakauheni mengalami peningkatan signifikan.

Karena itu untuk antisipasi PT ASDP akan melakukan penambahan kapal di lintas Merak - Bakauheni dari 29 menjadi 40 unit kapal, penambahan trip. 

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Erupsi, PT ASDP Indonesia Ferry Tegaskan Itu Tak Pengaruhi Penyeberangan!

Selain itu PT ASDP juga akan menambah pengoperasian kapal berukuran di atas 10.000 GRT.

Langkah lain yang dilakukan ialah percepatan waktu bongkar muat (port time) dan pengoperasian dermaga 1 Merak usai perbaikan yang dilakukan untuk mendukung peningkatan produksi penyeberangan.

ASDP terus mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang akan melakukan perjalanan mudik dengan kapal ferry, terutama di lintas Merak - Bakauheni agar mengatur waktu perjalanan dan melakukan reservasi tiket secara mandiri melalui aplikasi Ferizy.

"Mohon atur perjalanan sedini mungkin untuk hindari antrean di pelabuhan. Untuk pengguna layanan eksekutif Merak-Bakauheni pastikan Anda tiba di pelabuhan sesuai jam masuk pelabuhan yang dipilih mengingat kuota terbatas. Adapun waktu check ini di pelabuhan 3 jam sebelum jadwal masuk pelabuhan," ujar Shelvy.

Baca Juga: H-7 Lebaran, ASDP Catat 48 Ribu Penumpang Menyeberang dari Gilimanuk ke Ketapang

Dia juga meminta pengguna jasa agar tetap menjaga stamina kesehatan baik pengemudi maupun kendaraan, patuhi protokol kesehatan dan tetap mewaspadai potensi cuaca buruk.

“Kerja sama dan kesadaran seluruh pengguna jasa dan petugas di lapangan sangat penting, agar perjalanan arus mudik maupun balik dengan kapal ferry, tetap berjalan lancar, aman, dan selamat,” ungkapnya.

Berdasarkan data Posko pada 22 April (H-10) hingga Kamis (28/4) pagi atau (H-5), tercatat sudah 306.898 orang dan 72.540 unit kendaraan yang meninggalkan pulau Jawa menuju Sumatera melalui Pelabuhan Merak, Banten.

Baca Juga: Pelabuhan Bakauheni Masih Sepi, ASDP Imbau Warga Mudik Lebih Awal

Dari total kendaraan dapat dirinci jumlah roda dua sebanyak 13.623 unit, roda empat sebanyak 38.029 unit, bus sebanyak 2.370 unit dan truk sebanyak 18.518 unit yang telah menyeberang dari Merak ke Bakauheni sejak H-10 hingga H-5.

Potensi peningkatan trafik penumpang dan kendaraan pada periode Lebaran tahun ini dikarenakan tidak adanya pemberlakuan larangan mudik, dan penghapusan hari libur cuti bersama.

"ASDP telah melakukan antisipasi dengan memaksimalkan kapasitas, baik kapal dan terminal pelabuhan. Diprediksikan, puncak arus mudik pada tanggal 29 dan 30 April 2022 (H-3 dan H-2), dan prediksi arus balik pada tanggal 7 dan 8 Mei 2022 (H+4 dan H+5)," ujar Shelvy menandaskan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x