Kompas TV nasional agama

Anies Umumkan Akan Shalat Idulfitri di JIS, Warga yang Datang Diminta Jaga Prokes

Kompas.tv - 28 April 2022, 11:11 WIB
anies-umumkan-akan-shalat-idulfitri-di-jis-warga-yang-datang-diminta-jaga-prokes
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (7/4/22). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan umumkan akan melaksanakan shalat Idul Fitri di Jakarta International Stadium.

"Sekaligus kami kabarkan, Jakarta International Stadium siap menyambut jemaah shalat Idulfitri pada 1 Syawal ini," ujar Anies dalam unggahan video pada akun Instagram @aniesbaswedan, Rabu (27/4/2022).

"Di tempat itu kita akan berdzikir, kita akan mengagungkan takbir di mahakarya kota ini, kita akan bersyukur dan bersujud memohon rida Ilahi," ujarnya. 

Baca Juga: Anies Baswedan Lepas 11 Ribu Peserta Mudik Gratis di Terminal Pulogebang

Anies berharap pelaksanakaan shalat Idul Fitri di JIS dapat menambah semarak perayaan hari besar Umat Islam tersebut.

"Dan menambah semangat dalam merayakan kemenangan dan mensyukuri keberkahan dari Allah. Sampai jumpa di Jakarta International Stadium," ucap Anies.

Selain itu, Anies juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada umat Islam di Jakarta yang telah hampir tuntas menjalankan puasa sebulan penuh.

"Alhamdulillah, kita hampir sampai di hari nan fitri. Kemenangan tinggal selangkah lagi. Mari kira rayakan dengan bersyukur, atas nikmat-Nya yang tak pernah bisa diukur," tambah dia.

Baca Juga: Kapasitas Salat Idulfitri di JIS Dikurangi Jadi 14 Ribu Jemaah, Ini Sebabnya

Sementara itu, pada keterangan terpisah, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali mengatakan, bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam pelaksanaan Shalat Ied Berjamaah di JIS diminta untuk tetap menjaga protokol kesehatan demi keselamatan bersama.

Menurut Marullah, shalat Ied berjamaah di JIS digelar atas permintaan warga. 

Tidak hanya shalat Ied berjamaah, Pemprov DKI juga mengadakan Festival Tabuh Bedug Malam Takbiran di JIS. 

Kegiatan ini, kata Marullah, merupakan implementasi dari Anies untuk menghadirkan ruang publik atau ruang ketiga di JIS. 

“Wujud kehadiran JIS ini lebih dari sekadar stadion olahraga. JIS bisa digunakan untuk mendukung kegiatan keagamaan dengan penyelenggaraan salat Idulfitri. Ditambah lagi, corak lantainya membentuk saf salat dan menghadap kiblat," kata Marullah dalam keterangan resmi, Kamis (28/4/22). 

Selain itu, lanjut dia, JIS juga bisa dipakai mendukung kegiatan kebudayaan dengan penyelenggaraan malam takbiran berupa atraksi bedug. 

Baca Juga: JIS Siap Tampung 24.157 Jemaah Salat Idul Fitri, Tak Perlu Daftar, Ini Aturannya

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x