Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Sebut Transisi Pandemi ke Endemi Masih 6 Bulan Lagi, Waspada Penularan Covid-19 saat Lebaran

Kompas.tv - 25 April 2022, 17:05 WIB
jokowi-sebut-transisi-pandemi-ke-endemi-masih-6-bulan-lagi-waspada-penularan-covid-19-saat-lebaran
Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peninjauan Sirkuit Formula E, Senin (25/4/22). (Sumber: Panitia Formula E Jakarta )
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat meskipun angka penularan Covid-19 turun.

Sebab, masa transisi dari situasi Pandemi Covid-19 ke endemi masih ada sekitar 6 bulan lagi.

Demikian Presiden Jokowi dalam keterangan pers seusai meninjau proyek pembangunan sirkuit formula E Ancol, 25 April 2022.

“Yang pertama, mudik memang kita perbolehkan karena melihat angka-angka kasus harian memang sudah sangat rendah dan kasus aktifnya kan sudah di bawah 20 ribu, memang rendah,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Didampingi Anies, Jokowi Tinjau Pembangunan Sirkuit Formula E

“Tapi apapun ada masa transisi yang kita memang harus hati-hati. Kita tidak ingin kaya negara negara lain yang langsung buka masker, ndak, ini masih ada transisi kira-kira 6 bulan, kita liat seperti apa baru nanti silahkan kalau yang di luar ruangan buka masker, kalau yang di dalam ruang masih tetap pakai masker, ada tahapan-tahapan yang kita tidak perlu tergesa-gesa,” lanjutnya.

Apalagi, lanjut Presiden Jokowi, Indonesia sudah mengalami situasi pandemi Covid-19 dengan gelombang Delta dan Omicron.

“Sehingga kehati-hatian, kewaspadaan itu tetap harus,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga mengimbau soal halal bihalal saat Lebaran 2022 yang menyangkut kerumunan orang banyak.

“Seperti yang sudah saya sampaikan, terutama yang menyangkut kerumunan orang banyak pemerintah mengajak tidak, utamanya untuk para pejabat,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x