Kompas TV nasional sosial

Beri Bantuan untuk Pelaku UMKM Rp1,2 Juta, Jokowi: Jangan Buat Belanja Lebaran

Kompas.tv - 21 April 2022, 03:20 WIB
beri-bantuan-untuk-pelaku-umkm-rp1-2-juta-jokowi-jangan-buat-belanja-lebaran
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat melakukan kunjungan kerja dan memberikan bantuan kepada warga di Gresik, Rabu (20/4/2022). (Sumber: KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

GRESIK, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan bantuan untuk para pelaku UMKM  senilai Rp1,2 juta dalam kunjungannya ke Bale Purbo dan Pasar Baru Gresik, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022). 

Dalam rangkaian kunjungannya ke Jawa Timur itu, Jokowi juga memberikan sejumlah bantuan kepada warga lain seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng kepada para peserta Program Keluarga Harapan (PKH) senilai Rp300.000 dan sembako. 

Jokowi kemudian menitipkan pesan agar bantuan tersebut digunakan sebaik mungkin dan jangan justru dipakai untuk belanja lebaran atau membeli perhiasan. 

"Jangan sampai (bantuan) buat belanja Lebaran atau membeli perhiasan," kata Presiden Jokowi dikutip dari Kompas.com, Rabu. 

Hidayah (42), warga Sukorame yang merupakan salah satu penerima bantuan UMKM mengaku bersyukur dengan bantuan yang diberikan.

Hidayah pun menyatakan siap mempergunakan bantuan tersebut untuk kebutuhan produktivitas sesuai pesan yang diucapkan Jokowi.

Baca Juga: Penerima Bantuan Tunai PKL, Warung dan Nelayan Wajib Vaksin

"Alhamdulillah, (bantuan) bisa buat nambah modal usaha. Apalagi ini juga dapat sembako, yang bisa buat kebutuhan sehari-hari," ujar Hidayah yang mempunyai usaha laundry di rumahnya. 

Sementara itu penerima bantuan lain, Zulfah (41), yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang barang eceran keliling kampung, tidak mendapat bantuan berupa uang. 

Namun ia mendapatkan bantuan berupa satu unit sepeda pancal untuk memperlancar usaha yang dilakoninya. 

Sepeda tersebut sangat berguna bagi Zulfah sebelumnya ia mengaku biasa berjualan keliling kampung dengan berjalan kaki.

"Sudah 14 tahun saya jualan keliling kampung, jalan kaki. Tentu dengan bantuan (sepeda angin) ini senang sekali, sebab bisa saya pakai saat jualan dan tidak lagi jalan kaki," tutur Zulfah.

Setelah memberikan bantuan secara simbolis kepada warga, Jokowi kemudian menyempatkan diri untuk mengecam ketersediaan sembako jelang Hari Raya Idul Fitri di Pasar Baru Gresik.

Baca Juga: Presiden Jokowi : Rekayasa Lalu Lintas Telah Disiapkan Pemerintah



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x