Kompas TV nasional peristiwa

Demo Mahasiswa 21 April 2022, Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.tv - 21 April 2022, 03:10 WIB
demo-mahasiswa-21-april-2022-polda-metro-jaya-siapkan-rekayasa-lalu-lintas
Massa demo berteriak dan mendorong kawat berduri yang menutup akses ke arah Istana Negara Jakarta, Senin (11/4/22). Polda Metro Jaya menyiapkan skema rekayasa lalu lintas saat digelarnya aksi unjuk rasa mahasiswa pada 21 April 2022. (Sumber: Kompas.tv/Hasya Nindita)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengumumkan akan menutup jalan di seputar Istana Negara dan Gedung DPR untuk mengantisipasi aksi mahasiswa pada hari ini, Kamis (21/4/2022).

Diketahui Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) berama Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) akan menggelar aksi unjuk rasa di tiga titik di DKI Jakarta.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas sejak pagi dengan security barrier hingga water barrier.

"Kemungkinan dari pagi kami lakukan rekayasa lalu lintas itu karena akan dipasang 'water barrier' dan 'security barrier', jadi memang harus dibentang dan harus ditutup," tuturnya dikutip dari Antara, Rabu (20/4/2022).

Selain itu pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas mulai pukul 09.00 WIB di tiga titik sekitar aksi yakni Gedung DPR/MPR/DPD RI, kawasan Patung Kuda, dan Kawasan Harmoni.

Baca Juga: Tiga Balita Terkena Gas Air Mata Saat Polisi Bubarkan Demo Mahasiswa, Begini Kondisinya Sekarang

"Mencegah tindakan anarkistis seperti kemarin, maka dari pagi, jalur di depan DPR/MPR RI akan kami tutup, kemudian kami sisakan hanya satu lajur yang melalui jalur busway," ungkap Sambodo.

Sementara untuk kawasan Bundaran Patung Kuda dan Kawasan Harmoni, rekayasa lalu lintas akan dilakukan secara situasional.

"Untuk Harmoni kemungkinan nanti lihat perkembangan situasinya seperti apa, situasional tapi yang jelas kalau di Sapta Pesona ditutup Harmoni juga harus ditutup," ujarnya.

Sambodo juga mengimbau masyarakat untuk mencari rute alternatif dan menghindari menghindari kawasan yang akan diterapkan rekayasa lalu lintas.

"Silahkan masyarakat mengatur perjalanan sehingga besok pagi dapat menghindari ke tiga kawasan tersebut dan mencari jalur alternatif lain," katanya.

Pada kesempatan terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, Polda Metro Jaya telah menerima surat pemberitahuan terkait demo mahasiswa pada Kamis (21/4).



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x