Kompas TV nasional update

Anak-anak Usia di Bawah 18 Tahun Boleh Ikut Mudik Lebaran, Ini Syarat Lengkapnya

Kompas.tv - 19 April 2022, 20:38 WIB
anak-anak-usia-di-bawah-18-tahun-boleh-ikut-mudik-lebaran-ini-syarat-lengkapnya
Ilustrasi antrean penumpang di stasiun kereta api saat masa mudik Lebaran. Pada momen mudik Lebaran 2022 ini, anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun tetap bisa ikut dalam perjalanan pulang kampung, tentunya dengan syarat-syarat tertentu. (Sumber: KOMPAS.com/Muchammad Dafi Yusuf)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster menjadi syarat utama dalam pelaksanaan mudik Lebaran 2022.

Bagi yang belum menerima booster, maka mereka tetap harus menunjukkan hasil negatif tes PCR atau Antigen agar tetap bisa melakukan perjalanan mudik pada tahun ini.

Selain itu, ada pula syarat khusus untuk anak-anak dengan usia di bawah 18 tahun karena mereka belum termasuk kelompok masyarakat yang bisa memperoleh booster vaksin Covid-19.

Lebih jelasnya, berikut syarat mudik Lebaran 2022 bagi anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun, sebagaimana yang telah disampakan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga: Mudik Naik Motor Jangan Asal Membonceng, Simak Tips Bonceng Sepeda Motor yang Aman Berikut

1. Sudah vaksinasi Covid-19 dosis lengkap

Melansir laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Budi menjelaskan, anak-anak yang berusia 6-17 tahun boleh mengikuti mudik Lebaran jika sudah mendapatkan vaksin Covid-19 kedua.

"Jadi (anak-anak) bisa mendampingi orang tuanya mudik tanpa perlu tes PCR atau Antigen, asalkan vaksinasinya sudah dua kali (dosis lengkap)," kata Budi dalam keterangannya, Senin (18/4/2022).

Aturan tersebut sesuai dengan Addendum Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Pejalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Coivd-19.

Baca Juga: Jadi Syarat Mudik, Wagub DKI Minta Tidak Ada Warga yang Manipulasi Data Vaksin Booster

2. Tak perlu tes PCR atau Antigen

Seperti yang telah Menkes Budi sampaikan di atas, anak-anak di bawah 18 tahun juga tak perlu melakukan tes PCR atau Antigen untuk bisa ikut dalam perjalanan mudik kali ini.

Budi menegaskan, ketentuan tersebut pun sudah mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Diputuskan oleh Bapak Presiden, anak-anak kalau mau mudik dan belum (mendapatkan) booster, enggak apa-apa. Enggak usah tes antigen (juga)," terang Budi.

Adapun, syarat bebas tes PCR dan Antigen tersebut juga berlaku bagi anak kecil yang berusia di bawah enam tahun.

Baca Juga: Harga Tiket KA Argo Bromo Anggrek Surabaya-Jakarta Hanya Rp75 Ribu, Ini Syarat dan Waktunya

3. Patuh protokol kesehatan

Mengutip Kompas.com, Selasa (19/4/2022), Budi menambahkan bahwa pelaksanaan mudik Lebaran 2022 mesti selalu dibarengi dengan kepatuhan dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Baik orang dewasa maupun anak-anak, semua pelaku mudik Lebaran wajib patuh terhadap prokes selama perjalanannya menuju kampung halaman.

Budi menuturkan, prokes dalam pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini pun telah diatur oleh SE Nomor 16 Tahun 2022, dan berikut penjabaran lengkapnya.

  1. Pemudik wajib mengenakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut dan dagu
  2. Pemudik wajib mengganti masker secara berkala setiap empat jam dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan
  3. Pemudik harus mencuci tangan secara berkala menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain
  4. Pemudik dengan transportasi umum wajib jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain dan menghindari kerumunan
  5. Pemudik tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah bagi pemudik dengan kendaraan umum
  6. Pemudik dilarang makan dan minum sepanjang perjalanan mudik bagi pemudik yang menempuh perjalanan kurang dari 2 jam, kecuali jika pemudik tersebut wajib mengonsumsi obat dalam rangka pengobatan

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x