Kompas TV nasional peristiwa

2.500 Km Jalan Tol Siap Dilalui Arus Mudik Lebaran 2022, Gate Palimanan Dinonaktifkan

Kompas.tv - 11 April 2022, 05:45 WIB
2-500-km-jalan-tol-siap-dilalui-arus-mudik-lebaran-2022-gate-palimanan-dinonaktifkan
Ilustrasi. BPJT memastikan 2.500 km jalan tol siap digunakan selama periode mudik Lebaran tahun ini. (Sumber: Kompas.com/Kristianto Purnomo)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Badan Pengelolaan Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengungkapkan terkait kesiapan jalan tol jelang kegiatan mudik Lebaran 2022. 

Danang menyebut sepanjang 2.500 km jalan tol dipastikan siap dilalui pengendara saat mudik Lebaran nanti.

"2.500 KM jalan tol itu telah siap dioperasikan selama periode lebaran tahun 2022 ini," kata Danang seperti yang dilaporkan Jurnalis Kompas TV, Trixie Valencia, Minggu (10/4/2022). 

Lebih lanjut, dia memastikan selama perjalanan pemudik tidak akan terganggu dengan konstruksi maupun perbaikan di jalan tol. 

"Mulai H-10 (mudik) itu, kita pastikan tidak ada lubang di jalan tol dan juga tidak ada kegiatan konstruksi yang ada di jalan tol," ungkapnya.

Di sisi lain, Danang mengatakan, nantinya gate Tol Palimanan juga akan dilakukan penyesuaian.

Menurut penjelasannya, saat ini sudah dibahas terkait kemungkinan untuk tidak memfungsikan gate Palimanan. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada antrean di lokasi tersebut selama masa mudik ini.

"Arahan Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono) sudah jelas ada kemungkinan untuk pembebasan tidak lagi gate difungsikan di Palimanan, sehingga tidak ada lagi antrean di gate Palimanan," ujar Danang.

Baca Juga: Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2022, Cek Keberangkatan dan Syaratnya

Sementara itu, mengikuti arahan Kementerian Perhubungan, nantinya akan diberlakukan kebijakan pembatasan penggunaan rest area, yakni adanya batasan waktu masyarakat menggunakan rest area.

Danang menyebut, hal ini agar sirkulasi keluar masuk masyarakat di rest area dapat berjalan secara teratur.

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan untuk kembali mengizinkan masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini, setelah dua tahun terakhir dilarang karena ada pandemi Covid-19.

Berdasarkan survei dari Badan Litbang Kemenhub keinginan masyarakat untuk melaksanakan perjalanan selama libur Lebaran semakin meningkat. Diprediksi bakal ada 85,5 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 14,3 juta orang berasal dari Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat, diperkirakan menjadi wilayah tujuan terbanyak mudik Lebaran tahun 2022.

Sementara itu, untuk arus puncak diprediksi terjadi pada 29-30 April 2022. Sedangkan arus balik diprediksi akan terjadi pada 8 Mei 2022.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2022, Anak 6 Tahun ke Bawah Tidak Wajib Tes Antigen atau PCR saat Naik Kereta Api

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x