Kompas TV nasional peristiwa

Cari Penyebab Kebakaran, Polisi Lakukan Olah TKP di Gudang Kimia Kalideres Hari Ini

Kompas.tv - 10 April 2022, 06:10 WIB
cari-penyebab-kebakaran-polisi-lakukan-olah-tkp-di-gudang-kimia-kalideres-hari-ini
Pemadam kebakaran menggunakan cairan khusus untuk memadamkan kebakaran gudang yang menyimpan cairan kimia. Kebakaran ini berhasil dipadamkan dalam waktu enam jam. (Sumber: Prasetyo/KompasTV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV — Polisi sektor (Polsek) Kalideres menjadwalkan akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran gudang kimia bersama dengan Tim Puslabfor Mabes Polri hari ini, Minggu (10/4/2022).

"Besok (hari ini) baru kita lakukan olah TKP dan kita akan melibatkan dari tim puslabfor tentunya," kata AKP Syafri Wasdar seperti dikutip dalam program Kompas Pagi, Minggu (10/4).

Ia juga menyebut pihaknya sudah mengamankan 12 orang yang diduga merupakan karyawan pabrik dan pemiliknya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Ada beberapa karyawan yang kita ajak ke polsek untuk dimintai keterangan. Ada 12 orang, berikut pemiliknya," ucapnya.

Baca Juga: Kebakaran Besar Gudang Kimia di Kalideres, 5 Rumah Warga Terdampak, 12 Karyawan Diperiksa Polisi

Sementara itu, berdasarkan laporan langsung jurnalis Kompas TV Prasetyo di lokasi kejadian, proses pemadaman sudah selesai dilakukan petugas sejak pukul 1 dini hari 

Namun begitu, menurutnya, hingga saat ini petugas pemadam masih fokus untuk melakukan pendinginan lokasi karena masih ada beberapa titik api yang masih menyala.

Pendinginan dilakukan karena dikhawatirkan api akan kembali menyala di sekitar lokasi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Prasetyo, belum ada korban jiwa yang di laporkan. Hanya ada dua pemadam kebakaran yang terluka akibat ledakan dan sudah dibawa ke ambulans untuk mendapatkan tindakan medis lebih lanjut.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Damkar dan Keselamatan DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan api bisa dipadamkan usai pihaknya menerjunkan 21 unit mobil pemadam kebakaran dengan total personil sebanyak 105 orang.

Ia menyatakan, dua orang petugas yang mendapatkan tindakan medis disebabkan karena shock dari ledakan bahan kimia di gudang yang terbakar.

"Dari petugas, ada beberapa yang terkena ledakan. Kini sudah membaik karena hanya shock aja ada dua orang," ujar Satriadi Gunawan.

Diberitakan sebelumnya, sebuah gudang kimia di Jalan Sikas Hijau, Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, mengalami kebakaran hebat pada Sabtu (9/3/2022). Kebakaran dilaporkan terjadi sejak pukul 20.30 WIB hingga 1 dini hari.

Kobaran api disebur baru dapat dipadamkan dalam enam jam kemudian setelah petugas pemadam kebakaran menggunakan cairan khusus.

Baca Juga: Detik-detik Kebakaran di CIlandak, Empat Blok Kontrakan Ludes Terbakar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x