Kompas TV nasional peristiwa

Hujan Lebat di Jakarta, Wagub DKI: Tidak Banjir, Cuma Ada Beberapa Genangan

Kompas.tv - 6 April 2022, 15:13 WIB
hujan-lebat-di-jakarta-wagub-dki-tidak-banjir-cuma-ada-beberapa-genangan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (24/3/22). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengeklaim bahwa tidak terjadi banjir di Jakarta, melainkan hanya muncul beberapa genangan di sejumlah titik. Hal ini diungkapkannya menyusul hujan lebat yang mengguyur wilayah DKI Jakarta pada Selasa (5/4/2022) sore kemarin.

"Genangan sebetulnya, kemarin itu ada hujan lebat, tetapi tidak banjir, cuma ada beberapa genangan dan titik," kata Riza kepada awak media di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (6/4). 

Riza mengatakan, genangan tersebut dapat dikendalikan dan diatasi oleh jajarannya dan saat ini sudah surut kembali. Menurut dia, selama 2021 dan awal 2022, tidak terjadi banjir di Jakarta. 

"Kita bersyukur di 2021 dan awal 2022 ini tidak ada banjir di Jakarta," kata dia.

Baca Juga: Hujan Deras! Sejumlah Wilayah di Jakarta Kembali Direndam Banjir

Ia berharap, di sisa musim penghujan saat ini, banjir dapat diantisipasi dan tidak terjadi di wilayah Jakarta. 

"Sisa waktu beberapa minggu ini penghujan, mudah-mudahan tidak ada banjir di Jakarta," kata dia. 

Dia menekankan, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan sejumlah program penanganan banjir seperti pengerukan sungai dan kali hingga pembuatan waduk. 

"Membuat olakan, kemudian pembuatan pompa, pembuatan waduk, kemudian kami lakukan pembersihan dan banyak sekali program pengendalian banjir," kata dia. 

Baca Juga: Diguyur Hujan Deras Sejak Siang Hari, Sejumlah Wilayah di Ibu Kota Terendam Banjir

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 13 RT di Jakarta terendam banjir akibat hujan yang melanda wilayah ibu kota sejak Selasa sore.

Berdasarkan laporan BPBD hingga pukul 21.00 WIB, 13 RT itu tersebar di Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

"Informasi genangan saat ini ada 13 RT atau 0,04 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta," begitu diungkap dalam laporan BPBD, Selasa malam.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x