Kompas TV nasional sosial

28 hingga 30 April Jadi Waktu Keberangkatan Favorit Penumpang Kereta Api Menjelang Lebaran

Kompas.tv - 4 April 2022, 14:01 WIB
28-hingga-30-april-jadi-waktu-keberangkatan-favorit-penumpang-kereta-api-menjelang-lebaran
Penumpang kereta api terlihat sedang mencetak tiketnya di stasiun sebelum keberangkatan. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat tanggal keberangkatan favorit masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api, yaitu 30 April, 29 April, dan 28 April 2022. (Sumber: PT KAI)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat tanggal keberangkatan favorit masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api, yaitu 30 April, 29 April, dan 28 April 2022.

Mengutip keterangan tertulis PT KAI, hingga 31 Maret 2022, PT KAI telah menjual 155.672 tiket KA Jarak Jauh untuk keberangkatan periode 22 hingga 30 April atau 15% dari total tiket yang disediakan.

Kereta api favorit masyarakat pada periode tersebut adalah KA Airlangga relasi Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp, Bengawan relasi Pasar Senen - Purwosari pp, Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen - Surabaya Gubeng pp, Taksaka relasi Gambir - Yogyakarta pp, dan lainnya.

“Adapun tanggal keberangkatan favorit masyarakat yaitu 30 April, 29 April, dan 28 April,” demikian tertulis dalam keterangan tersebut.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Resmi Terbitkan Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022, Ini Detailnya

Sementara, VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, tiket kereta api untuk angkutan lebaran masih tersedia cukup banyak.

"Tiket KA pada masa angkutan lebaran masih cukup banyak tersedia,” tuturnya.

“Masyarakat dapat segera memesan tiket untuk keberangkatan angkutan lebaran melalui berbagai channel penjualan yang tersedia," ujar Joni.

Dalam rangka menghadapi Angkutan Lebaran ini pula, KAI telah melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia.

KAI bersama Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan stakeholder lainnya telah melaksanakan kegiatan Ramp Check atau inspeksi keselamatan Standar Pelayanan Minimum di seluruh wilayah operasi kereta api.

Para petugas KAI juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api.

Saat ini, masyarakat sudah dapat membeli tiket kereta api untuk angkutan lebaran 1443 Hijriah melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Per 1 April, KAI menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan 1 April hingga 16 Mei 2022 dan seterusnya.

Joni menuturkan, saat ini KAI menerapkan kebijakan penjualan tiket KA Jarak Jauh mulai H-30 sebelum keberangkatan.

Baca Juga: Tinjau Jalur Kereta Api Bogor-Sukabumi, Menhub Pastikan Siap Digunakan saat Mudik Lebaran

Menurut Joni, hal ini dilakukan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa angkutan lebaran.

Meski demikian, ia menuturkan, pihaknya meminta masyarakat calon penumpang kereta api untuk mengikuti perkembangan syarat penggunaan angkutan kereta api.

“KAI juga meminta masyarakat mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta api di masa angkutan lebaran dari pemerintah,” tegasnya, melalui keterangan tertulis.

“Saat ini KAI masih menunggu peraturan resminya dan akan segera kami sosialisasikan jika aturan tersebut sudah diterbitkan,” kata Joni.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x