Kompas TV nasional agama

NU Resmi Tetapkan Awal Ramadan 1443 Hijriah Minggu 3 April 2022

Kompas.tv - 1 April 2022, 19:15 WIB
nu-resmi-tetapkan-awal-ramadan-1443-hijriah-minggu-3-april-2022
PBNU tetapkan 1 Ramadan 1443 pada Hari Minggu 3 April 2022 (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan awal Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

"Berdasarkan pematauan hilal Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) di seluruh indonesia, awal bulan Ramadan 1443 H jatuh pada hari Ahad (Minggu), 3 April 2022," kata Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf, Jumat (1/4/2022).

Sebelumnya Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengeluarkan Surat Keputusan LF PBNU No. 001/SK/LF–PBNU/III/2022 tentang Kriteria Imkan Rukyah Nahdlatul Ulama.

Dalam lampiran surat itu, ditetapkan bahwa ketinggian hilal awal Ramadan 1443 H minimal 3 derajat.

“Tinggi hilal minimal 3 derajat dan elongasi hilal minimal 6,4 derajat,” demikian isi surat keputusan itu dikutip dari laman resmi NU, Jumat (1/4/2022).

Ketinggian hilal minimal 3 derajat pada kriteria imkan rukyah NU ini menjadi dasar pembentukan almanak Nahdlatul Ulama dan dasar penerimaan laporan rukyah hilal dalam penentuan awal bulan Hijriyah pada kalender NU.

Lembaga Bahsul Masail NU, Alhafiz Kurniawan menjelaskan bahwa 3 derajat itu menjadi minimal ketinggian hilal potensi terlihat.

"Artinya kalau hilal terlihat di bawah itu, laporan para perukyat di lapangan ditolak," kata Hafiz.

Sementara itu Kementerian Agama (Kemenag) masih menggelar Sidang Isbat 2022 untuk menentukan 1 Ramadan. Adapun hasilnya diumumkan pukul 19.15 malam ini.

Sidang Isbat digelar di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, di Jalan MH. Thamrin, Jakarta, dengan ketentuan jumlah peserta dibatasi.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.